Systematic literature review: pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran discovery learning

Authors

  • Fadilla Nuridayah IKIP Siliwangi
  • Asep Ikin Sugandi IKIP Siliwangi
  • Gida Kadarisma IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.17555

Keywords:

Critical Thinking Ability , Discovery Learning , SLR

Abstract

This study aims to determine whether it is able to improve students' critical thinking skills in learning mathematics by using the discovery learning model. This study uses the SLR model or Systematic Literature Review. The stages in this method are planning, review and documentation with data grouping, data analysis and data conclusion. This study obtained results showing that: One alternative teacher in learning mathematics in order to improve students' critical thinking skills is to use the Discovery Learning learning model.

References

Anjarwati, D., Juandi, D., Nurlaelah, E., & Hasanah, A. (2022). Studi Meta-analisis: pengaruh model discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2417–2427. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1506

Badriyah, M. (2011). Pengembangan bahan ajar matematika dengan model discovery learning untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. 9(1), 1–7. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/132

Dores ,S.Pd., M.Pd, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889

Early, O. A., & Winarti, E. R. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari kemandirian siswa kelas VIII melalui pembelajaran model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict. 1, 388–399. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19609

Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika model discovery learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Fitriyah, F., Murtadlo, A., & Warti, R. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108–112. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1898

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa sma di bogor timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157–168. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Hikmah, R., Studi, P., Informatika, T., & Kritis, K. B. (2020). Pengaruh aplikasi geogebra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMPN Cibinong. 5(2), 152–161. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/6908

Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematik siswa SMP. Jurnal Absis, 2(1), 121–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v2i1.206

Karim, A. (2014). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. 4(3), 188–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804

Kurniati, I. W., Pujiastuti, E., & Kurniasih, A. W. (2017). Model pembelajaran discovery learning berbantuan smart sticker untuk meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir kritis. kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 109–118. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5060

Kurniawan, R. E., Makrifatullah, N. A., Rosar, N., Triana, Y., & Kunci, K. (2022). Humantech Jurnal ilmiah multi disiplin indonesia. jurnal ilmiah multi disiplin indonesia, 2(1), 163–173. https://katadata.co.id/berita/2020/01/06/baru-83-peserta-bpjs-kesehatan-per-akhir-2019-

melyana, a., & pujiastuti, h. (2020). pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp. 3(3), 239–246. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.239-246

nafisa, d., & wardono. (2019). model pembelajaran discovery learning berbantuan multimedia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 854–861. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29280

Pahmi, S. (2020). Meningkatkan kemampuan mathematical reasoning dalam pembelajaran matematika siswa sekolah menengah menggunakan discovery learning. Jurnal Belaindika (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 32–40. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.28

Pasaribu, S. E., Helendra, H., Ristiono, R., & ... (2020). Perbandingan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan model problem based learning dan discovery learning di SMP. Mimbar Ilmu, 25(3), 460–469. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28918

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar matematika melalui model discovery learning Di Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98

Puspitasari, Yesi & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 91–106. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Resty, Z. N., Muhardjito, M., & Mufti, N. (2019). Discovery learning berbantuan schoology: upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 267–268. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12040

Rudianti, R., & Muhtadi, D. (2021). Proses berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10(September), 437–448. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1038

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. 7(2), 163–177. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/34290

Setiawan, W. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp dengan menggunakan model penemuan terbimbing. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 91. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p91-97.168

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085

Siska Ainiya Shofiyana. (2020). Pengaruh pembelajaran discovery learning berbantuan program geogebra terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari berpikir kritis matematik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1924

Subagio, Lilik; Karnasih, I. I. (2021). Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model discovery learning dan problem based learning berbantuan geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 15–26. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v6i2.15733

Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2018). Penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa smp. Jurnal Analisa, 4(1), 172–178. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2364

Sumianingrum, N. E. (2017). Efektivitas metode discovery learning berbantuan e-learning di SMA Negeri 1 Jepara. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(1), 17. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i1.3710

Suparni, S. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan bahan ajar berbasis integrasi interkoneksi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 40–58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716

Suryana, R. (2017). Efektivitas model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Xaverius Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/ 2017. http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository/Artikel Ilmiah Robby.pdf

Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia, XI(1), 65–79. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/394

Tazminar. (2015). Kemampuan berpikir kritis matematis dari siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran. 2(1), 45–57. http://repository.unpas.ac.id/54262/6/BAB II.pdf

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa sma. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2, 116–122. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616

Warniasih, K., Kurniawati, R. M., & Utami, N. W. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pembelajaran inkuiri. Journal of Honai Math, 2(2), 103–116. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i2.68

Wayudi, M., & Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. 5(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Widia, I. W. (2020). Model discovery learning berbantuan media phet untuk meningkatkan kompetensi siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 262–273. https://doi.org/10.5281/zenodo.4004185

Widodo, W. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery Learning ) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. 1(2), 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jpps.v1n2.p68-73

Downloads

Published

2023-11-13

Issue

Section

Articles