ANALISIS KESULITAN HASIL TES SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI PROFIL KETERAMPILAN GEOMETRI (PKG)
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17567Keywords:
Student difficulty, Quadrilateral, Geometry SkillsAbstract
References
Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berbentuk cerita pada materi segitiga dan segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325
Awwalin, A. A. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas viii pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 225–230. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.225-230
Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematik dalam mengerjakan soal pada materi bangun ruang sisi datar. 04(01), 247–253. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.195
Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia pada materi segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85. https://doi.org/https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan pmri terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa smp melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian belajar matematika siswa ( mathematical self regulated learning of students in. 01(02), 97–107. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/gauss.v1i2.1051
Nurhandita, Marniati, & Farman. (2021). Analisis kepercayaan diri siswa dalam pemahaman konsep matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 202–212. https://doi.org/10.30998/fjik.v8i2.9845
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Siswa smp kelas viii. 4(3), 587–600. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.587-600
Pakaya, W. C., Qohar, A., & Susiswo, S. (2019). Keterampilan geometri siswa kelas iv sekolah dasar berdasarkan teori van hiele level analisis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 310. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12068
Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi siswa smp pada materi bangun datar segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–32. https://doi.org/https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n1_02
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Sopiany, H. N., & Rahayu, W. (2019). Analisis miskonsepsi siswa ditinjau dari teori kontruktivisme pada materi segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 185–200. https://doi.org/https://core.ac.uk/download/pdf/267822064.pdf
Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044
Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp di kampung paledang suci kaler pada materi segiempat dan segitiga. 1, 373–384. https://doi.org/https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n2_15
Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. (2018). Pengembangan modul matematika dengan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (stem) pada materi segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 512-519. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2388
Waritsman, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129. https://doi.org/https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/91
Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi korelasi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika selama daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849
Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105-116. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3206