Pengembangan bahan ajar materi bangun ruang sisi datar menggunakan pendekatan saintifik berbantuan geogebra
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17661Keywords:
Teaching Materials Polyhedron, Scientific Learning Approaches, GeoGebraAbstract
References
Amin, A. K. (2016). Analisis bahan ajar modul statistika pada program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 1–8. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.32
Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32-42. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live worksheet realistic mathematics education berbantuan geogebra: meningkatkan abstraksi matematis siswa SMP pada materi segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37-50. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526
Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel development of mathematics teaching material for junior high school students based on ausubel learning theory. Pythagoras : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 11(2), 182–192. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/10644
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. 562-569. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096/754
Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9-18. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397
Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mahmudi, A. (2015). Pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 1, 561–566. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-81.pdf
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan macromedia flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Mukhid, A. (2021). Metodologi penelitian pendekatan kuantitatif. Jakad Media Publishing. http://repository.iainmadura.ac.id/id/eprint/354
Rahmadi, B. (2019). Pengembangan media pembelajaran inteaktif berbasis android pada program studi keahlian teknik sepeda motor di SMK Muhammadiyah Prambanan. Lumbung Pustaka UNY, 3, 32–47. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62975
Sulistyawati, A., Wardono, & Kartono. (2018). Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran matematika. Prisma, 1(1), 853–859. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (RnD) Lima Tahap (MANTAP). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan, 1(1), 1–33. http://digilib.uin-suka.ac.id/39153/1/SRI%20SUMARNI%20-%20MODEL%20FINAL%20HKI_2019.pdf
Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, A. (2022). Kevalidan dan kepraktisan bahan ajar matematika berbantuan fliphtml5 untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII SMP/MTs pada materi koordinat kartesius. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 177-188. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.17424
Wijayanto, R., & Santoso, R. H. (2017). Pengembangan bahan ajar matematika dengan pendekatan problem solving berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah. Journal of Education, 1(1), 4-14. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jpm/article/view/11177.