Analisis kesalahan dalam soal-soal pemecahan masalah siswa SMA kelas XI pada materi barisan dan deret aritmatika ditinjau dari teori newman
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17677Keywords:
Newman Error Analysis, Problem Solving, Arithmetic Sequences and SeriesAbstract
References
Amalia, R., Aufin, M., & Khusniah, R. (2018). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan persamaan linier berdasarkan newman kelas x-mia di sma bayt al-hikmah kota pasuruan. prosiding snmpm ii, 346–359. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snmpm/article/view/408
Dhita Rosalina Putri1, N. H. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret. Jurnal Pendidikan Guru …, 105–115. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/view/3533%0Ahttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/download/3533/2317
Fitria, R. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp kelas vii pada materi aritmetika sosial kelas vii smp dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 786–792. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/42
Fitriyana, D., & Sutirna. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii pada materi himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 512–520. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990
Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360
Jami, M. P., Murniasih, T. R., & Yuwono, T. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan tahapan newman. pi: mathematics education journal, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i1.3492
Kania, N., & Arifin, Z. (2018). Pemecahan masalah matematis berdasarkan prosedur newman. procediamath integrasi dan penerapan stem (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Dalam Pendidikan Matematika, 2(2), 1–11. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/semnasmat/article/view/3870/2070
Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa sma dalam menjawab soal dimensi tiga berdasarkan teori newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 182–190. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/514
Ningsih, W., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal aritmatika sosial berdasarkan tahapan newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 177–184. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.177-184
Nuraeni, R., Ardiansyah, S. G., & Zanthy, L. S. (2020). Permasalahan matematika aritmatika sosial dalam bentuk cerita: bagaimana deskripsi kesalahan-kesalahan jawaban siswa? teorema: teori dan riset matematika, 5(1), 61. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i1.3345
Oktaviani, H., Kintoko, K., & Suprihatiningsih, S. (2021). Analisis kesalahan Newman pada pemecahan masalah Siswa kelas VII SMP N 15 Yogyakarta. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i1.106
Prihatini, S. A., Susilo, D. A., & Hariyani, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita spltv berdasarkan tahapan newman. 2(2010), 364–373.
Sapitri, Y., Utami, C., & Mariyam, M. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi lingkaran ditinjau dari minat belajar. Variabel, 2(1), 16. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1028
Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan trigonometri ditinjau dari gender berdasarkan newman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 463–474. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.463-474
Suratih, S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan Newman’s error analysis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 111–123. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990
Syahruddin, W., Abdullah, I. H., & ... (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret. Jurnal Pendidikan Guru …, 1(3), 105–115. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/matematika/article/view/3533/2317
Syamsudin. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX SMP Negeri 1 Colomadu. http://eprints.ums.ac.id/77405/12/NASKAH PUBLIKASI-135.pdf
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021a). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma menggunakan tahapan kesalahan kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507.