Eksplorasi kesulitan siswa SMP dalam menjawab soal kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi fungsi kuadrat
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17691Keywords:
Mathematical Problem Solving Abilities, Quadratic FunctionAbstract
References
Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematik dan kepercayaan diri siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 25. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32
Argarini, D. F. (2018). Analisis pemecahan masalah berbasis polya pada materi perkalian vektor ditinjau dari gaya belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1, 82–91. http://dx.doi.org/10.31949/th.v1i2.384
Ayunengdyah, N., Khabibah, S., & Saraswati, S. (2020). Analisis kesalahan dalam memecahkan masalah fungsi kuadrat berdasarkan langkah polya. Mega Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 120–128. https://doi.org/10.59098/mega.v1i2.257
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317
Hartono, J. A., & Karnasih, I. (2017). Pentingnya pemodelan matematis dalam pembelajaran matematika. Semnastika Unimed, 1–8. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26931
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya literasi matematika dan berpikir kritis matematis dalam menghadapi abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477
Kurniawan, A., Setiawan, D., & Hidayat, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berbantuan soal ontekstual pada materi bangun ruang sisi datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 271–282.
Mulyanti, N. R., Yani, N., & Amelia, R. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa SMP pada materi teorema phytagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 415. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p415-426
Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP di desa mulyasari pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259
Pertiwi, C. M., & Rohaendi, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematik dan productive disposition siswa SD (upaya peningkatan menggunakan pendekatan problem solving berbantuan microsoft mathematics). COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 05(01), 199–206. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/10100/2979
Pratiwi, R., & Hidayati, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMK berdasarkan tahapan polya. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 256–263. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1978
Priyatna, F., & Wiguna, W. (2021). Mobile game pembelajaran matematika dasar menggunakan construct 2 di SDN Sasaksaat. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 1(1), 218–227. https://orcid.org/0000-0003-4949-9001
Puadi, E. F. W. (2017). Analisis peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa PTIK melalui pembelajaran berbasis masalah. 5. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/139
Ritno, R., Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Pengaruh kemampuan membaca dan menulis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 115–129. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.67
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120-129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Rosita, I., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah-langkah polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1D), 1059–1065. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2452
Santoso, E., Pamungkas, M. D., Rochmad, & Isnarto. (2021). Teori behaviour ( e . throndike ) dalam pembelajaran matematika. Prisma, 4, 174–178. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Suraji, Maimunah, & Sebatta, S. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Susilo, G. (2018). Analisis kesulitan siswa sekolah menengah atas kota balikpapan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan persamaan kuadrat dan fungsi kuadrat tahun ajaran 2014/2015. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.19.