Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMK pada materi SPLTV ditinjau berdasarkan gender
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18068Keywords:
Mathematical Problem Solving Ability, System of Three Variable Linear EquationsAbstract
References
Aftriyati, L. ., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa SMA Pekanbaru Pada Materi SLTV. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 16(2), 226–240. https://doi.org/10.20956/jmsk.v%vi%i.8515
Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 481. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
Azzahra, R. ., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 153–162. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.876
Benyamin, Qohar, A., & Made Sulandra, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 909–922. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.5281/zenodo.1405906
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 843–856. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.843-856
Irsaly, R., & Bernard, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTS Al-Mubaroka Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 779–788. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.779-788
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–473. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Mutmainah, N., & Purnomo, E. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Thinking Order Skill (HOTS) Materi SPLTV. Prosiding Seminar Edusaintech, 4, 146–152. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/554
Nababan, S. A., Henra, & Tanjung, S. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 354–364. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/892/840
Novianti, & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Edumatsains, 6(2), 377–388. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069
Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470
Sembiring, V. M., & Sutirna. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi SPLTV (Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2022, 247–258. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7590
Senjayawati, E. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 229–238. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.229-238
Sumartini, T., Rosyana, T., & Afrilianto, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 4280. http://e-mosharafa.org/
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144.