Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa materi segiempat ditinjau dari self directing learning
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18279Keywords:
Mathematical communication, Self directing learning, Rectangular, AbilityAbstract
References
Aminah, S., Wijaya, T. T., & Yuspriyati, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.29
Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 102-110. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91
Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. (2018). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran CORE dengan pendekatan scientific. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35–43. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220
Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183-208. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417
Kleden, M. A. (2016). Kemampuan komunikasi matematis dan self-directed learning mahasiswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 14-20. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v2i2.111
Masnidar, N. L. (2017). Statistik deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49-55. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/hikmah/article/view/16
Millah, S. N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segitiga ditinjau dari self-directed learning. INSPIRAMATIKA, 7(2), 102–115. https://doi.org/10.33387/jpgm.v2i3.5144
Rahayu, A. O. (2017). Kemampuan self directed learning siswa melalui kegiatan swakarya. Universitas Pendidikan Indonesia, 24-39. http://repository.upi.edu/id/eprint/29923
Rahayu, C. A., Fitriani, N., & Setiawan, W. (2023). Learning obstacle materi persamaan garis lurus ditinjau dari heuristik polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1001–1008. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17507
Rahayu, K. P. (2018). Pengaruh web based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari Self-Directed learning. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(3), 249-254. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i3.2450
Rahmawati, E., Setiawan, T. B., Safrida, L. N., Pambudi, D. S., & Oktavianingtyas, E. (2023). Profil kemampuan komunikasi matematis tulis ditinjau dari self concept pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 47–59. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.47-59
Rasmawan, R., & Erlina, E. (2021). Pengembangan aplikasi e-book elektrokimia berbasis android untuk menumbuhkan self-directed learning mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 346–362. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.20072
Rohmatin, E. (2021). Kecemasan matematika siswa Kelas V SDN Waung 2 Nganjuk dalam menyelesaikan soal cerita volume bangun ruang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 1-85. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/31550
Ru’iya, S. (2019). Urgensi self directed learning mahasiswa aktivis di era revolusi industri 4.0 (studi kasus di program studi pendidikan agama islam Universitas Ahmad dahlan Yogyakarta). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(1), 123–138. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.101
Şenyuva, E., & Kaya, H. (2014). Effect self directed learning readiness of nursing students of the web based learning. Procedia-social and Behavioral sciences, 152, 386–392. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.217
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Surya, E. (2013). Peningkatan kemampuan representasi visual thinking pada pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa smp melalui pembelajaran kontekstual. universitas pendidikan indonesia, 1-206. http://repository.upi.edu/id/eprint/3686
Susilo, G. (2014). Pengaruh antara tingkat kecerdasan dan frekuensi latihan dengan penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif dan kamus bergambar bahasa inggris terhadap hasil belajar siswa kelas 1 SD. TRANSFORMASI, 10(2), 13-20. https://doi.org/10.56357/jt.v10i2.25
Syah, J. M., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP di Kampung Paledang Suci Kaler pada materi segiempat dan segitiga. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 373–384. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1270
Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2020). Komunikasi matematis siswa dalam materi matematika sekolahan. Prosiding Sesiomadika, 2(1e), 1183-1192. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2953
Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., & Yusuf, F. I. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3429
Wulansari, N. H., & Manoy, J. T. (2020). Pengaruh motivasi dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika selama study at home. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 72–81. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n2.p72-81
Yuniarti, Y. (2014). Pengembangan kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109-114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575.