Pengembangan bahan ajar saintifik berbantuan scratch pada materi segiempat dan segitiga
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18406Keywords:
Teaching Materials, Quadrilaterals and Triangles, ScratchAbstract
References
Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina. (2022). Pengembangan media articulate storyline topik mekanisme pendengaran manusia dan hewan untuk peserta didik SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 81–89. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.119
Budiman, H. (2016). Penggunaan media visual dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(45), 177. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v7i2.1501
Fatmawati, P. A. (2021). Stimulus guru dan respon siswa dalam pembelajaran bahasa arab di tingkat SMP. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 13–26. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/6565
Fitriani, N., Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Live worksheet realistic mathematics education berbantuan geogebra: meningkatkan abstraksi matematis siswa SMP pada materi segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4526
Harisa, S. W., Okra, R., Musril, H. A., & Derta, S. (2023). Perancangan game edukasi matematika menggunakan construct 2 untuk kelas VII di SMPN 1 lareh sago halaban. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika (JTMEI), 2(2), 77–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12862
Hasanah, D. I. I., Syarif, A., Ni’mah, L., Cahya, N. D., Mukti, S. A., & Bambang Eko Susilo. (2022). Pendekatan etnomatematika pada materi bangun datar dengan berbantuan media batik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 910–913. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(2), 46. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i2.780
Hidayah, I. S., & Fitriani, N. (2021). Analisis kesulitan siswa smp kelas vii dalam memahami materi segiempat dan segitiga dalam pembelajaran daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 631–642. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.631-642
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan bahan ajar elektronnik berbasis android sebagai media interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22
Mulyana, E. (2022). Jurnal pendidikan | jurnal pendidikan. Jurnal Pendidikan IPS, 12(1), 24–29. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpi.v12i1.554 didik
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan bahan ajar trigonometri berbasis kearifan lokal. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978
Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis problem based learning untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 2579–4442. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233
Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media pembelajaran dan hasil belajar siswa. Misykat, 03, 171–187.
Polontalo, G., Resmawan, Zakiyah, S., & Abdullah, A. W. (2023). Dampak model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi segiempat. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 50–62. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.16766
Pratiwi, A. P., & Bernard, M. (2021). Analisis minat belajar siswa kelas V sekolah dasar pada materi satuan panjang dalam pembelajaran menggunakan media scratch. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 891–898. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.891-898
Puspita, M., Sumarni, W., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan modul bilingual bergambar terhadap minat belajar siswa pada tema energi di alam sekitar. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2), 476–480. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3331
Rahmayani, S., & Hendriana, H. (2021). Validitas bahan ajar berbasis pendekatan problem based learning pada materi statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 867–874. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.867-874
Sari, R. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik mata pelajaran humas dan keprotokolan semester gasal kelas XI OTKP di SMK YPM 3 Taman. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 440–448. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p440-448
Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bemuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185
Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan saintifik berbasis kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Tatsqif, 16(2), 160–171. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i2.200
Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain media pembelajaran matematika topik luas daerah segitiga menggunakan aplikasi scratch. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1390–1398.
Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal segiempat dan segitiga siswa SMP kelas VIII di Cianjur. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330.
Thiagarajan, S. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.