ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMK DALAM MATERI PELUANG

Authors

  • Sri Yulianti Aji IKIP Siliwangi Bandung
  • Rippi Maya IKIP Siliwangi Bandung
  • Eka Senjayawati IKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1105-1112

Keywords:

Berpikir Kreatif Matematik, Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMK kelas XI dan menelaah kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal tes mengenai materi peluang. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 32 orang. Bentuk pengambilan data yaitu pemberian 5 soal uraian dan wawancara pada subjek terpilih. Berdasarkan hasil analisis, nilai rata-rata dari keseluruhan soal instrumen kemampuan berpikir kreatif matematik memperoleh 96% dan 77% untuk indikator berpikir lancar dalam melahirkan gagasan/cara mengerjakan yang berbeda, 45% untuk indikator berpikir orisinil dalam menggabungkan jawaban yang berbeda dari bagian-bagian soal untuk diuraikan, 95% untuk indikator berpikir elaboratif dalam mengembangkan suatu gagasan/produk, dan 79% untuk indikator berpikir luwes dalam menganalisis suatu masalah dari segi pandang yang bermacam-macam sehingga jika ditotal dan dirata-ratakan mencapai 78%. Maka kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMK kelas XI tergolong sedang.

berpikir kreatif matematik, peluang       

References

Jamaluddin. (2010). Kemampuan berpikir kreatif siswa sd dalam pembelajaran ipa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3), 202–209.

Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 5(11), 1–11.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan karakter serta pengembangan berfikir dan disposisi matematik dalam pembelajaran matematika. Seminar Pendidikan Matematika, 1–26.

Waruwu, H. (n.d.). PERLU DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR, 116–126.

Downloads

Published

2018-11-29

Issue

Section

Articles