Studi analisis kesulitan siswa kelas VII SMPN 5 pasirkuda berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal himpunan

Authors

  • Silpiani Ikip Siliwangi
  • Eka Senjayawati IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.20411

Keywords:

Algebraic Operations , Error Analysis, Nolting’s Theory

Abstract

This study is a descriptive qualitative research for the purpose of analyzing errors and explaining the types of mistakes made by students when solving problems based on the text format provided. This research was conducted at a tertiary institution in Cianjur, with 10 research subjects in class VII B in the odd semester of the 2022/2023 academic year at SMP Negeri 5 Pasirkuda. The data collection method in this study was in the form of a written test. Based on the data presentation, the student error rate is 1) conceptual error, namely 66.9% with a "high" error percentage; 2) 10% procedural errors with a percentage of "very low" error categories; 3) 22.1% technical failure with a "low" failure percentage rate. Therefore, we can conclude that the conceptual understanding of student set material is relatively low. Therefore, the teacher should pay attention to students' conceptual understanding of the overall concept of the material and show students the important parts of the whole concept.

References

Adilistiyo, M. E., & Slamet, H. W. (2017). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal pada materi himpunan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aly, B. F. N., Sujadi, A., & Taufiq, I. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 135–144.

Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan berdasarkan ranah kognitif taksonomi bloom kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat pada siswa kelas IX SMPN 2 Bangkinang Kota. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 210–223.

Aulia, J., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Dwilistyowati, M. (2018). Kesalahan menurut tahapan kastolan dan scaffolding dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120

Lenterawati, B. S. (2019). Analisis kesalahan berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari gaya berpikir siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/74031/Analisis-kesalahan-berdasarkan-tahapan-kastolan-dalam-menyelesaikan-soal-cerita-sistem-persamaan-linear-dua-variabel-ditinjau-dari-gaya-berpikir-siswa-kelas-VIII-SMP-negeri-19-Surakarta-tahun-pelajaran-201820

Listiana, A. D., & Sutriyono. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan bagi siswa kelas VII SMP Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 60–65.

Natsir. (n.d.). Dalam menyelesaikan soal cerita himpunan.

Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil kesalahan konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan di Kelas VII SMPN 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4).

Nurdiawan, R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan berdasarkan tahapan newman. Journal On Education, 01(03), 128–134.

Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2020). Analisis kesalahan siswa kelas 7 SMP dalam penulisan himpunan. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 1(01), 456–460.

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi kesalahan matematika siswa smp berdasarkan tahapan kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi himpunan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93–102.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175–187.

Sari, A., Daulay, S., Putri, Y. Y., & Epriani, P. (2021). Penghapusan ujian nasional tahun 2021 dalam perspektif guru sma di kota tebing tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 213–220.

Sulistio, W., Muhsetyo, G., & Qohar, A. (2019). Klasifikasi kesalahan siswa kelas vii menggunakan model kiat tentang materi himpunan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 706–711.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis kesalahan siswa menurut kastolan dalam pemecahan masalah matematika. Matematika, 19(2), 123–130.

Sundari, R., Andhany, E., & Dur, S. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi himpunan ditinjau dari tahapan newman pada kelas vii mts negeri hamparan perak TA 2017/2018. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(2).

Wahyuni, V., Moralita, G., & Effendi, F. (2019). Yenni.(2019). Soal matematika kelas viii model pisa konten change and relationship berdasarkan prosedur, 4, 114–127.

Wibawa, H., & Masduki, S. S. (2017). Analisis pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan berdasarkan taksonomi solo (structure of observed learning outcomes) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Baki [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/50550

Downloads

Published

2023-11-09

Issue

Section

Articles