Pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i6.25469Keywords:
Problem Based Learning model, Critical Thinking, Pythagorean theoremAbstract
Artikel ini menggali cara-cara pendekatan Kemampuan siswa untuk berpikir kritis telah ditingkatkan dengan program Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang menggunakan teorema Pythagoras dalam konteks praktis. Seberapa besar dampak paradigma PBL terhadap kemampuan siswa untuk berpikir kritis terhadap matematika? Untuk itu, penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimental. Peserta dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Muslimin Cililin yaitu kelas VIII-A dan VIII-F. Alat studi mengevaluasi kapasitas pelamar untuk berpikir kritis melalui penggunaan lima pertanyaan deskriptif yang didistribusikan selama ujian. Kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah pelaksanaan PBL. Dalam kebanyakan kasus, temuan tes akhir mereka lebih akurat daripada hasil Kementerian Kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa paradigma PBL memiliki dampak yang lebih besar pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam hal topik termasuk Teorema Pythagoras.
References
Ahmatika, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery. Euclid, 3(1), 377–525. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 597–602. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97
Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis dan adversity quotient siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242–252. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1454
Jumaisyaroh, T., & Hasratuddin, E. E. N. (2014). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, 5, 157–169. https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i1.4786
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Mastika Yasa, P. A. E., & Bhoke, W. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika pada siswa sd. Journal of Education Technology, 2(2), 70–75. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184
Paul, R. W. (1990). Critical thinking: what every person needs to survive in a rapidly changing world. Critical Thinking: What Every Person Needs to Survive in a Rapidly Changing World, 1–25. https://eric.ed.gov/?id=ED338557
Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan pendekatan open ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.
Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864
Schafersman, S. D. (2019). An introduction to critical thinking. Nursing, 1–13. https://doi.org/10.1097/01.NURSE.0000558090.23346.fb
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Theaching and Learning (CTL). (pp. 45–57).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.