Pengaruh model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP

Authors

  • Pelia Triangela Indah Saputri IKIP Siliwangi
  • Ratni Purwasih IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i6.25469

Keywords:

Problem Based Learning model, Critical Thinking, Pythagorean theorem

Abstract

Artikel ini menggali cara-cara pendekatan Kemampuan siswa untuk berpikir kritis telah ditingkatkan dengan program Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang menggunakan teorema Pythagoras dalam konteks praktis. Seberapa besar dampak paradigma PBL terhadap kemampuan siswa untuk berpikir kritis terhadap matematika? Untuk itu, penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimental. Peserta dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Muslimin Cililin yaitu kelas VIII-A dan VIII-F. Alat studi mengevaluasi kapasitas pelamar untuk berpikir kritis melalui penggunaan lima pertanyaan deskriptif yang didistribusikan selama ujian. Kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah pelaksanaan PBL. Dalam kebanyakan kasus, temuan tes akhir mereka lebih akurat daripada hasil Kementerian Kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa paradigma PBL memiliki dampak yang lebih besar pada kemampuan berpikir kritis siswa dalam hal topik termasuk Teorema Pythagoras.

References

Ahmatika, D. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery. Euclid, 3(1), 377–525. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 597–602. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-86.pdf

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 562–569. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97

Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis dan adversity quotient siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242–252. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1454

Jumaisyaroh, T., & Hasratuddin, E. E. N. (2014). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Kreano, 5, 157–169. https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i1.4786

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Mastika Yasa, P. A. E., & Bhoke, W. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika pada siswa sd. Journal of Education Technology, 2(2), 70–75. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184

Paul, R. W. (1990). Critical thinking: what every person needs to survive in a rapidly changing world. Critical Thinking: What Every Person Needs to Survive in a Rapidly Changing World, 1–25. https://eric.ed.gov/?id=ED338557

Phasa, K. C. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 711–723. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296

Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan pendekatan open ended. Prosiding Seminar Nasional Matematika IX 2015, 58–64.

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864

Schafersman, S. D. (2019). An introduction to critical thinking. Nursing, 1–13. https://doi.org/10.1097/01.NURSE.0000558090.23346.fb

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Theaching and Learning (CTL). (pp. 45–57).

Downloads

Published

2025-02-03

Issue

Section

Articles