Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan tipe kepribadian thinking dan feeling dalam menyelesaikan soal aljabar

Authors

  • Thessa Oktavia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Putri Yulia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v8i1.25678

Keywords:

Understanding of concepts, Feeling, Thinking, Algebra

Abstract

This research aims to explore the ability to understand mathematical concepts between students with Feeling and Thinking personality types. The qualitative descriptive method with a case study design was applied to four students of SMA N 3 Sungai Full who were selected based on the results of the Myers Briggs Type Indicator (MBTI) test. The instruments used were personality type questionnaires, tests of ability to understand mathematical concepts, and unstructured interviews. Data analysis was carried out using data triangulation to ensure the accuracy and validity of the results. Students' understanding of mathematical concepts in the feeling and thinking aspects on the seven indicators that have been evaluated shows relatively low results, even though their approaches to learning are different. Students with the Feeling type tend to consider more emotional aspects in their understanding, while students with the Thinking type focus more on logic and analysis. This research underscores the importance of approaches tailored to students' personality types to improve their understanding of mathematical concepts.

References

Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 1–7.

Arini, L. (2024). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui pendekatan open-ended pada siswa SMP. TERPADU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 281–290. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/index

Atmaja, I. M. D. (2024). Logika berpikir manusia dalam konteks etnomatematika dan konsep matematika. Prosiding MAHASENDIKA III Tahun 2024, 2–23.

Bahrudin, E. R. (2019). Profil pemahaman konsep siswa kelas VII materi bangun datar ditinjau dari tipe kepribadian ekstrovert dan introvert. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 168. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.6408

Daga, A. T. (2022). Penerapan pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 untuk mengembangkan keterampilan abad 21 siswa sekolah dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11–28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137

Dewi, S. I. K., & Kusrini. (2014). Analisis kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal pada materi faktorisasi bentuk aljabar SMP Negeri 1 Kamal Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 195–202. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429

Fahira, A. (2021). Pengaruh pendekatan stem berbantuan microsoft mathematics terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(1), 44–51.

Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis tipe kepribadian thinking-feeling dalam menyelesaikan soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6769

Gapila, C., Farida, F., Putra, R. W. Y., Leni, N., Ambarwati, R., & Simatupang, A. (2021). Pengaruh metode pembelajaran smart terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari tipe kepribadian. Nabla Dewantara, 6(1), 46–59.

Giawa, L., Gee, E., & Harefa, D. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk pangkat dan akar di kelas XI SMA Negeri 1 Ulususua Tahun Pembelajaran 2021/2022. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(18).

Hanifah, H., & Abadi, A. P. (2018). Analisis pemahaman konsep matematika mahasiswa dalam menyelesaikan soal teori grup. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.626

Herliyani, N., & Nurjanah. (2024). Analisis kesalahan matematika siswa kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 6(2), 58–67. http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mathematics%0AAnalisis

Isnaintri, E., Faidhotuniam, I., & Yuhana, Y. (2023). Filsafat realisme aristoteles: mengungkap kearifan kuno dalam implementasi pembelajaran matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(2), 247–256. https://dx.doi.org/10.25157/teorema.v8i2.11074

Juniantari, M., Pujawan, I. G. N., & Widhiasih, I. D. A. G. (2018). Pengaruh pendekatan flipped classroom terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA. Journal of Education Technology, 2(4), 197–204. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.17855

Kiki Patmala, & Putri Yulia. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa madrasah aliyah terhadap materi trigonometri. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 2(2), 62–70. https://doi.org/10.53696/2964-867x.100

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8

Nasution, I. S. (2017). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SD Muhammadiyah 12 Medan. Paedagoria | FKIP UMMat, 8(2), 42–52. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i2.66

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus yin dalam penelitian arsitektur dan perilaku. INERSIA, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.1177/0191453710375592

Oktoviani, V., Widoyani, wiris laras, & Ferdianto, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Edumatica, 09(1), 39–45.

Putri, niva ramadhani, Nursyahban, enni astari, Kadarisma, G., & Rohaeti, euis eti. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 157–169. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228

Ramadani, F. (2020). Perbedaaan kemampuan pemahaman konsep matematis dan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran teams games tournament dan make match di MTs PP Tarbiyah Islamiyah Hajoran. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 12(2), 6.

Ratnasari, D., & Yulia, P. (2018). Efektivitas model pembelajaran problem based learning (pbl) dan team assisted individualization (tai) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii. Pythagoras, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V7I1.1195

Sari, P. (2017). Pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut melalui pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.60

Sengkey, D. J., Deniyanti Sampoerno, P., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis: Sebuah kajian literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265

Sugiarti, L. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 323–330.

Suswigi, S., & Zanthy, L. S. (2019). Kemampuan pemahaman matematik siswa MTs di cimahi pada materi persamaan garis lurus. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 40–46. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.77

Syarah, F., Harahap, Y. N., & Putri, J. H. (2023). Kesulitan siswa dalam mempelajari materi aljabar. Journal on Education, 05(04), 16067–16070.

Yulia, P., Gunawan, R. G., & Nasution, E. Y. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 55–62.

Yulia, P., & Natalia, D. (2020). Efektifitas model pembelajaran resource based learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Nabla Dewantara, 5(1), 24–30. https://doi.org/10.51517/nd.v5i1.167

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles