PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA SMK

Authors

  • Riki Riki Andriansyah
  • Luvy Sylviana Zanthy

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p209-212

Keywords:

Pendekatan Problem Solving, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa SMK menggunakan pendekatan problem solving. Jenis penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SMK Negeri 1 Cimahi pada kelas XII Teknik Pendingin dan Tata Udara A. Metode yang digunakan pada pengumpulan datanya adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, tes. Pada hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pendekatan problem solving pada hasil belajar siswa dan nilai yang didapat siswa pada setiap siklusnya terus meningkat. Persentase hasil belajar siswa dengan nilai diatas 7 pada sebelum diberi tindakan adalah 13% dan setelah diberi tindakan persentasenya terus mmeningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus pertama persentasenya adalah 56% Kemudian pada siklus kedua persentasenyaa adalah 81%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan problem solving memiliki pengaruh pada hasil belajar siswa dimana pengaruh tersebut dapat dilihat dari nilai siswa pada hasil belaajarnya terus meningkat pada setiap siklusnya.

References

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.

Pangestika, A. W. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Group Investigation (PTK pada Siswa Kelas X Multimedia B SMK Negeri 9 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Syarif, M. (2017). Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematika Siswa Sma. Jurnal Mutiara Pedagogik, 1(2), 92-101.

Tyassari, A. D. H. (2013). PeningkatanKemampuanBerpikirKritis dan PenalaranSiswa pada Matematikadengan Model Pembelajaran Problem Posing (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta TahunAjaran 2012/2013) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Zahriah, Z., Hasan, M., & Jalil, Z. (2016). Penerapan Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Hasil Belajar pada Materi Vektor di SMAN 1 DarulImarah. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(1).

Downloads

Published

2019-07-09

Issue

Section

Articles