PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SMK

Authors

  • dinar nur azizah
  • Luvy Sylviana Zanthy

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p245-252

Keywords:

Penalaran Matematik, Program Linear, Discovery Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan pendekatan discvery learning dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa di kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak B SMK Negeri di kota Cimahi pada materi program linear. Penelitian yang dilakukan ini berjenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang berdasar kepada silabus pengajaran guru matematika pada kelas XI Rekayasa pelangkat Lunak B. Setiap siklus dilakukan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Siklus dalam penelitian ini meliputi prosedur sebagai berikut: (1) Perencanaan; (2) Pelakasanaan tindakan; (3) Observasi dan evaluasi; (4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI Rekayasa pelangkat Lunak B pada materi program linear bahwasanya penggunaan pendekatan discovery learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematik, yaitu: (1) Respon dan hasil belajar yang ditunjukkan siswa pada siklus II tergolong sangat baik dan (2) Nilai tes kemampuan penalaran matematik siswa pada setiap siklus mengalami pengingkatan dengan baik, hingga pada siklus terakhir menunjukkan hasil 86%. Berdasarkan hasil tes terlihat bahwa hanya terdapat 5 siswa dari total 36 siswa yang memilki nilai dibawah 60. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan discovery learning sangat efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Kemendikbud. (2013). Modul Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kholiqowati, H., Sugiarto, & Hidayah, I. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education, 5, 234–242.

Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan model penemuan terbimbing dan cooperative learning pada pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(1).

Rudyanto,H.I(2014). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.Premiere Educandum, 4(1), 41-48

Syah, M. 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Tyassari dan Masduki .(2013).Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Siswa Pada Matematika Dengan Model Pembelajaran Problem Posing (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Downloads

Published

2019-07-19

Issue

Section

Articles