MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED

Authors

  • Agung Nugraha
  • Irpan Mulyana IKIP Siliwangi
  • Masta Hutajulu IKIP Siliwangi
  • Asep Ikin Sugandi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p361-370

Keywords:

Ability to Solve Mathematical Problems, Open Ends

Abstract

Abstract

This research is based on the problem of the low mathematical problem solving ability of students who have a relationship with someone's success in solving a problem that they face. In this case, to overcome this, a class of research was conducted using an open ended approach and ordinary learning. In addition, this research is a quasi-experimental. The population in this study were students of class X MA in Bandung in 2018/2019 academic year. The research sample is all Class X students in one MA in Bandung. Quantitative analysis was performed using the two-difference test and descriptive qualitative analysis was also carried out. The results showed that the ability to solve mathematical problems using the open ended approach was better than those using the usual approach.

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas XI SMA Putra Juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Delyana, H. (2015). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII melalui penerapan pendekatan open ended. Lemma, 2(1).

Faridah, N., & Aeni, A. N. Pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri siswa. Jurnal pena ilmiah, 1(1), 1061-1070.

Gordah, (2012). Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik melalui Pendekatan Open Ended. Tesis. PPS UPI. Tidak Diterbitkan.

Hake, R. R. (2013). Analyzing Change/Gain Score. Indiana: Indiana University

Hendriana & Sumarmo. (2014) Penilaian dan Pengukuran dalam Pembelajaran Matematika. Cimahi: Nusantara Membaca.

Hutajulu, M. (2017). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dengan Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMA. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(1), 21-32.

Hutajulu, M., & Minarti, E. D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Advanced Mathematical Thinking Dan Habits Of Mind Mahasiswa Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(2), 177-194.

Rosyidah, (2013). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Tulungagung: Skripsi tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & bidang Non Eksanta Lainnya. Bandung: Tarsito

Sugandi, A. I. (2010). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Uyanto, Stanislaus S. (2009). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu

Yulianingsih, R. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning dengan Teknik Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMA. Bandung: Jurnal.Upi. [Online]. Tersedia di http://respository.upi.edu/386/4/S_MTK_0900629 CHAPTER1.pdf

Sahrudin A., (2014) . Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan UNSIKA 2(1), 2338-2996

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241-257.

Downloads

Published

2019-08-26

Issue

Section

Articles