MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS NEGERI SUKASARI CIMAHI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING

Yasmin Andhiya(1*), Asep Ikin Sugandi(2), Chandra Novtiar(3)

(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Matematika merupakan sebagian ilmu pengetahuan terapan maupun penalaran yang sering sekali digunakan dalam berbagai bidang, terutama bidang teknologi. Matematika juga suatu pelajaran penting dan harus dikuasai setiap siswa dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Dalam tujuan pembelajaran matematika ada satu aspek yang harus ditingkatkan yaitu kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan inilah yang harus dikuasai tiap siswa. Namun kenyataannya, tingkat kemampuan siswa masih tergolong rendah. Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) merupakan salah satu materi yang cukup sulit dipahami siswa kelas VIII di MTs Negeri Sukasari Cimahi. Perlu diadakannya sebuah solusi dalam pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan reciprocal teaching. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dengan masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes tertulis berbentuk soal uraian. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menerapkan pendekatan reciprocal teaching. Terlihat dari hasil nilai rata-rata pada setiap siklusnya, hasil pra siklus dengan nilai 37, pada siklus I menjadi 69 (44,44%), dan pada siklus II menjadi 76 (63,89%).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p123-128

Article Metrics

Abstract view : 478 times
PDF - 436 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 --------------------------------------------------------------------------------

JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Publisher Address:

HKI & Publikasi IKIP Siliwangi

Building D - First Floor - Room D-12

Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi

jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

 

JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-221X  e-ISSN: 2614-2155

 

JPMI has been indexed at: 

Google Scholar.

  

 



View My Stats