PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA SEKOLAH DAN PERMASALAHANNYA PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Authors

  • Agusmanto J.B. Hutauruk Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p81-90

Keywords:

Matematika Sekolah, Penguasaan Materi, Permasalahan Matematika Sekolah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif mengenai penguasaan materi matematika sekolah dan permasalahannya pada mahasiswa prodi pendidikan matematika. Subjek penelitian terdiri dari 6 orang yang masing-masing diposisikan pada tingkat pendidikan sekolah SMP dan SMA serta setiap tahun angkatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penguasaan mahasiswa calon guru matematika atas materi matematika sekolah serta dapat menemukan permasalahan-permasalahan yang ada yang dihadapi mahasiswa calon guru matematika terkait materi matematika sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terkait penguasaan materi matematika sekolah, responden (mahasiswa) masih kurang menguasai materi matematika sekolah, dan (2) terkait permasalahan yang dihadapi mahasiswa terkait penguasaan materi matematika sekolah, diperoleh masalah-masalah kemampuan matematis yakni kemampuan pemahaman konsep matematis materi matematika sekolah, kemampuan pemecahan masalah  terkait materi matematika sekolah, serta kemampuan kemadirian belajar.

References

Abdullah, S. S. (2015). Mahasiswa ( Calon ) Guru Matematika yang Profesional. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, ISBN. 978-, 721–726.

Ahmadi, R. (2005). Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: UM Press.

Ario, M. (2017). Profil Penguasaan Materi Matematika Sekolah Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester VI. Aksioma Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(3), 385–392.

Darmayasa, J. . (2018). Studi Etnografi Tentang Literasi Matematik dan Ethnomathematics Masyarakat Bali Mula. Bandung: Disertasi UPI.

Fitri, R., Helma, & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika: Part 2, 3(1), 18–22.

Hermanto, D. (2014). Modul Matematika Sekolah 1. STKIP PGRI Bangkalan, 1–19.

Maryono. (2016). Profil Pedagogical Content Knowledge (PGC) Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Kemampuan Akademiknya. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–16.

Muhadjir, N. (2011). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Permendiknas Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Soedjadi, R. (1987). Kapita Selekta Matematika Sekolah. Jakarta: Karunika, Universitas Terbuka.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Teppo, A. . (1998). Diverse Ways of Knowing. In A.R. Teppo, Qualitative Research Method in Mathematics Education. Virginia: National Council of Teacher of Mathematics, Inc.

Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru, Calon Guru dan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. IKIP Bandung.

Downloads

Published

2020-03-09

Issue

Section

Articles