PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSUAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DI KOTA CIMAHI

Authors

  • Eka Senjayawati IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.p%25p

Keywords:

Mathematical Problem Solving Ability, Contextual Approach, Think Pair Share.

Abstract

This study aims to determine whether the mathematical problem solving ability of junior high school students who use a contextual approach with the cooperative model of think pair share type is better than the scientific approach. The subject of the study was the eighth grade junior high school students in Cimahi, while the sample was class VIII B as an experimental class that got learning using a contextual approach with a cooperative model of think pair share type and class VIII C became a control class that got learning using a scientific approach. The instrument in the study was a matter of mathematical problem solving ability consisting of five item description items. Based on the results of all stages of the study, it can be concluded that the mathematical problem solving ability of students whose learning uses a contextual approach through a cooperative model of think pair share type is better than that of learning using a scientific approach. 

References

Akbar, M. Z. I., Rohaeti, E. E., & Senjayawati, E. (2019). Efektifitas Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan (CTL) pada Materi Teorema Pythagoras untuk Siswa SMP. Journal On Education, 1(2), 142–150.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui game Adobe Flash CS 4.0. Jurnal Infinity 4(2), 197-222.

Biyarti, T., Riyadi & Sujadi, I. (2013). Eksperimentasi Model Think Pair Share dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Logaritma ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa Kelas X pada SMA di Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2012/2013 Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 1(7), 690-699.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Edumatica 7(1), 44-54.

Husna, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.

Minarti, E, D & Senjayawati, E. (2015). Studi Komperatif Pendekatan Kontekstual dan Pendekatan Kontekstual Bersetting Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMK di Kota Cimahi. Jurnal P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 169–181.

Novtiar, C & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Prisma, 6(2), 119–13

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands on Activity(HoA0 terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Aljabar 8 (1), 73-80.

Putri, F. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Kontekstual di SMP Muhammadiyah-11 Pangkalan Berandan. Thesis UNIMED : Tidak diterbitkan

Ruseffendi, E.T.(2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-eksakta Lainnya Bagi Para Peneliti, Penulis Skripsi, Penulis Thesis, Penulis Disertasi, Dosen Metode Penelitian,dan Mahasiswa. Bandung: Tarsito.

Sinambela, P. N. J. M. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya Dalam Pembelajaran, Jurnal Generasi kampus 6 (2), 17–29.

Yuniarti, N., Sulasmini, L., Rahmadhani, E., Rohaeti, E. E., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Self Esteem Siswa SMP Melalui Pendekatan Kontekstualpada Materi Segiempat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 62–72.

Downloads

Published

2020-05-29

Issue

Section

Articles