ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS MELALUI TUGAS OPEN-ENDED

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.p%25p

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif matematis, proses berpikir kreatif matematis, dan pembelajaran open-ended

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tugas berbasis open-ended. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui tugas berbasis open-ended. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 1 Ciruas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes esai berbasis open-ended. Aspek-aspek pada kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterincian. Siswa yang akan dianalisis proses berpikir kreatif matematisnya dikategorikan menjadi siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis tinggi, siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis sedang, dan siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis rendah. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 18% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis tinggi, 76% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis sedang, dan 6% siswa berkemampuan berpikir kreatif matematis rendah.

References

Amidi, & Zahid, M. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 586–594.

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 1(3): 239-248, https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248.

Anggraeni, I., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Pendekatan Open Ended. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 1(5): 903-914, https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p903-914.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 3(2): 91–99, https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2616.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. 4(1): 23-33, https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69.

Noer, S. H. (2013). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1): 104-111, https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.824.

Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 14(2): 346–364. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/72862-ID-pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-s.pdf.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma. 6(2): 119–131, https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122.

Purwaningrum, J. P. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika. 6(2): 145–157, https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613.

Rahma, A. F., Novtiar, C., & Sugandi, A. I. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri Sukasari Cimahi pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Pendekatan Open-Ended. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 1(2): 139-144.

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2): 240-256, https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679.

Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Pendidikan Matematika, (1), 1–15.

Umayah, Y. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII E SMP N 1 Ciruas dengan Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2(1): 175-181.

Wijaya, T. T., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(1): 1015–1026, https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228.

Downloads

Additional Files

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles