PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR SMP KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%25pKeywords:
LKPD, Material of Solid Geometry with Flat Surface, STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics)Abstract
References
Abdullah, Norazilawati et al. 2018. “Development a Year One Stem Comic for Science and Mathematics Subjects (86 - 96).†Jurnal Pendidikan Sains & Matematik Malaysia 8(2): 86–96.
Aldila, C., A. Abdurrahman, and F. Sesunan. 2017. “Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.†Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung 5(4): 138491.
Arifin, Imron. 2018. “Nilai Nilai Humanistik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Globalisasi Dan Revolusi Industri 4.†Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan 0(0): 1–9. http://ojs.unm.ac.id/semapfip/article/view/6071.
Astuti, Dwi, and Heri Retnawati. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Konstruktivisme Untuk Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan.†Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 5(1): 11–21.
Firman, H. 2015. “Pendidikan SAINS Berbasis STEM: Konsep, Pengambangan, Dan Peranan Riset.†Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PKLH Program Pascasarjana Universitas Pakuan.
Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Lismawati. 2010. “Pengoptimalkan Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Sarana Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA Raudatul Ulum Kapedi-Sumenep.â€
Mulyasa, D, and W Arini. 2017. Revolusi Dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Quratulaini. 2013. Pengembangan LKS IPA Berbasis STEM (Science, Technology, Enginnering, Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa SMP/MTS.
Relia, Lika. 2012. “Keterkaitan Antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Dengan Model Pembelajaran Kreatif , Inovatif , Dan Produktif (KIP).†PRISMA(Prosiding Seminar Nasional Matematika): 97–103.
Semiawan, Conny et al. 1988. Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatiif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. 2016. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Supriyatun, and Sri Endang. 2019. “Implementasi Pembelajaran Sains, Teknologi Engineering, Dan Matematika (STEM) Pada Materu Fungsi Kuadrat.†Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 5(1): 80–87.