PENGARUH SELF CONFIDENCE DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Tamia Septiani IKIP Siliwangi Bandung
  • Muhammad Abdussalam Hudanagara IKIP Siliwangi Bandung
  • Heris Hendriana IKIP Siliwangi Bandung
  • Ika wahyu Anita IKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p185-192

Keywords:

Berpikir Kreatif Matematis, Self Confidence, Self Efficacy

Abstract

Untuk pencapaian berpikir kreatif matematis, diperlukan sebuah aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa yaitu self confidence dan self efficacy yang baik, karena dalam self confidence dan self efficacy  terdapat indikator-indikator yang dapat mendukung tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang terdapat pengaruh self confidence dan self efficacy secara simultan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Kota Cimahi. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebanyak enam soal, dan angket self confidence dan self efficacy siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh self confidence dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP.

References

Anita, I. W. (2017). Matematis Mahasiswa, 10(1), 125–131.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129-136.

Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52–60.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Hidayat, W., & Prabawanto, S. (2018, January). Improving students’ creative mathematical reasoning ability students through adversity quotient and argument driven inquiry learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012005). IOP Publishing.

Kusdinar, U., Sukestiyarno, S., Isnarto, I., & Istiandaru, A. (2017). Krulik and Rudnik Model Heuristic Strategy in Mathematics Problem Solving. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(2), 205–210.

Leonard, L., & Amanah, N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55–64.

Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

MZ, Z. A., Risnawati, R., Kurniati, A., & Prahmana, R. C. I. (2017). Adversity Quotient in Mathematics Learning (Quantitative Study on Students Boarding School in Pekanbaru). International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(2), 169–176.

Parvathy, U., & Praseeda, M. (2014). Relationship between Adversity Quotient and academic problem among student teachers. Journal of Humanities and Social Science, 19(11), 23–26.

Phoolka, E. S., & Kaur, N. (2012). Adversity Quotient: A new paradigm to explore. Contemporary Business Studies, 3(4), 67–78.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsito, H. (2009). Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Penyesuaian Akademik Dan Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IX(1), 29–47.

Downloads

Published

2018-04-19

Issue

Section

Articles