PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA

Authors

  • Asep Mauludin IKIP SILIWANGI
  • Adi Nurjaman IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p193-200

Keywords:

Berpikir Kreatif, Self Regulated Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mendeskripsikan pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA Desain penelitian ini adalah survey. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan skala self regukated learning siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 13 Jakarta dengan sampel penelitian siswa kelas XI sebanyak 31 siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data kemampuan berpikir kreatif dan data self-concept. Instrumen yang digunakan sebanyak 5 soal tes kemampuan berpikir kreatif dan 30 pernyataan mengenai self regulated learning. Dalam perhitungan ujicoba intrumen menggunakan program axcell 2010 dan perhitungan statistik menggunakan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning  mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif  matematis siswa.

References

Amali, F., Komariah, K., & Umar, U. (2015). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA ANTARA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN KONVENSIONAL. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 3(2).

Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyumas III. Jurnal Pendidikan Matematika, 7, 2–12.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129-136.

Heris, H., Eti Rohaeti, E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Replika Aditama.

Hidayat, W. (2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Lambertus, Arapu, L., & Patih, T. (2013). Penerapan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 73–82.

Nurjaman, A., & Sari, I. P. (2017). THE EFFECT OF PROBLEM POSING APPROACH TOWARDS STUDENTS’ MATHEMATICAL DISPOSITION, CRITICAL & CREATIVE THINKING ABILITY BASED ON SCHOOL LEVEL. Infinity Journal, 6(1), 69. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.223

Nurqolbiah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif dan Self-Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(2).

Downloads

Published

2018-03-31

Issue

Section

Articles