ANALISIS PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Fauziah Siti Dewi Sarifah IKIP Siliwangi
  • Siti Nuraidah IKIP Siliwangi
  • Marchasan Lexbin Elvi Judah Riajanto IKIP Siliwangi Bandung
  • Rippi Maya IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p201-206

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, disposisi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan menggunakan metode korelasional dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah satu SMP di Kota Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis  sebanyak 4 butir soal dan skala disposisi matematis sebanyak 30 skala pernyataan. Secara keseluruhan kesimpulan dari penelitian ini adalah disposisi matematis siswa secara positif memengaruhi kemampuan pemecahan masalah sebesar 70,4%, dan faktor lain memengaruhi kemampuan pemecahan masalah sebesar 29,6%.

References

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Theorems, 1(2), 82–91.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Laelatunnajah, N., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Jurnal Mitra Pendidikan ( JMP Online ), 2(1), 11–22.

Masrurotullaily, Hobri, & Suharto. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa Smk Negeri 6 Jember. Kadikma, 4(2), 129–138.

Polya, G. (1973). How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Wardanny, G. S. P. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMPN 3 Kediri Pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Techsin, 1(1), 1–7.

Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2), 28–39.

Downloads

Published

2018-03-31

Issue

Section

Articles