PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p%25pKeywords:
Development, Test Instrument, and Computational ThinkingAbstract
References
Aho, A. V. (2012). Computation and Computational Thinking. 55(7), 2010–2013. https://doi.org/10.1093/comjnl/bxs074
Amirzan. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa SD Kelas V. 2(1), 85–96.
Angriani, A. D., Nursalam, N., & Batari, T. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis. Alauddin: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a1.2018
Asih, T. (2018). Perkembangan Tingkat Kignitif Peserta Didik di Kota Metro. 2, 9–17.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. 3(1), 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dasopang, M. D. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. 03(2), 333–352.
Fajri, M., Yurniawati., & Utomo, E. (2019). Computational Thinking , Mathematical Thinking Berorientasi Gaya Kognitif Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Dinamika Matematika Sekolah Dasar 1 (1), 1-18, 1(1), 1–18.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. 3(1), 47–54. https://doi.org/10.24815/jdm.v3i1.4305
Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. 9, 116–121.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. 6, 389–396.
Magdalena, I., Hifziyah, M., Aeni, V. N., & Rahayu, R. P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. 2, 227–237.
Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Malik, S., Prabawa, H. W., & Rusnayati, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. International Journal of Computer Science Education in Schools, 8(1), 41. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34438.83526
Mufidah, I. (2018). Profil Berpikir Komputasi dalam menyelesaikan Bebras Task ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis siswa. November.
Rahmawati, A., Husnadi, M., & Haj, M. I. (2019). Implementasi KAHOOT sebagai Instrumen Tes Pembelajaran Fisika di Era Digital. 3(November), 23–34.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. In Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Siagian, M. D., Matematika, P., & Pendahuluan, A. (2017). Issn 2086-4205. Pembelajaran Matematika Dalam Perspektif Konstruktivisme, VII(2), 61–73.
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika : studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. 224–232.
Sukardi. (2017). Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya / Sukardi. In 1. PENDIDIKAN - METODOLOGI PENELITIAN,Metodologi penelitian pendidikan: kompetensi dan praktiknya / Sukardi. https://doi.org/2009
Yasin, M. (2020). Asesmen Penulisan Jurnal untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi (Journal Writing Assessment to Improve Computational Thinking Ability) 1 1. 0–21.
Zhang, L., & Nouri, J. (2019). A systematic review of learning computational thinking through Scratch in K- A systematic review of learning computational thinking through Scratch in K-9. July. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103607