PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ) DAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA (STUDI KORELASI SISWA SMA SE-KOTA SERANG)
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25pKeywords:
Intelligence Quotient, Emotional Spiritual Quotient, Mathematics Learning OutcomesAbstract
References
Agustian, A. G. (2006). Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power Sebuah Inner Journey Melalui Al-Ihsan. Arga Wijaya Persada.
Agustian, A. G. (2016). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) : The ESQ Way 165. PT Arga Tilanta.
Ardana, I. C., Aritonang, L. R., & Dermawan, E. S. (2013). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kesehatan fisik untuk memprediksi prestasi belajar mahasiswa akuntansi. Jurnal Akuntansi, 17(3), 444–458.
Azzet, A. M. (2010). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Kata Hati.
Bungawati., Taiyeb, A. M., & Hartati. (2018). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. UNM Journal of Biological Education, 1(2), 191–202.
Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2), 243–255.
Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence (Kecerdasan Emosional ). PT Gramedia Pustaka Utama.
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, 5(1), 26–41.
Haji, J., Ali, B. B., & Ilham, S. (2013). The intelligence, emotional, spiritual quotients and quality of managers. Global Journals Inc, 13(2), 1–11.
Herawati, W. L., & Mulyanratna, M. (2014). Studi korelasi antara kecerdasan emosional spiritual (ESQ) dan hasil belajar fisika siswa madrasah aliyah swasta (MAS) di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 161–166.
Imron, M., & Samparadja, H. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa madrasah aliyah. 1(2), 19–30.
Khumaidi., & Tarsis, T. (2014). Pengaruh kecerdasan intelektual (IQ), cara belajar, dan Kkreativitas Guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangsri Kabupaten Jepara. Economic Education Analysis Journal (Online) EEAJ 3(2), 3(2), 307–310.
Mirnawati., & Basri, M. (2018). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 56-64.
Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dampak negatif jejaring sosial dan kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika siswa. Journal of EST, 2(3), 171–184.
Nurhidayati, T. (2014). Urgensi kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dalam peningkatan prestasi belajar PAI siswa. Edu-Islamika, 6(2), 209–223.
Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Supardi. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika realistik terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Cakrawala Pendidikan, 2(2), 244-155.
Syah, M. (2011). Pisikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.
Wahyuningtyas, P. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar dengan perilaku belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama (PAI) di SMP 01 Jenangan Ponorogo. Jurnal Cendekia, 12(1), 49–72.
Yenti, N., Machasin., & Amsal, C. (2014). Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan disiplin terhadap kinerja perawat pada R.S PMC Pekanbaru. Jom FEKON, 1(2), 1–21.
Zamroni., & Umiarso. (2011). ESQ Model dan Kepemimpinan Pendidikan: Kontruksi Sekolah Berbasis Spiritual. RaSAIL Media Group.