PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA SMK KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25pKeywords:
Independent Learning, Scientific ApproachAbstract
References
Aziz Abdul, A. W. (2019). Descriptions of Students Independent Attitude in Physics for Class Deskripsi Sikap Kemandirian belajar Siswa Pada Mata pelajaran Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari. Edufisika, 4(1), 36–45.
Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.220
Hayati Najmul, Wadi Hairil, S. (2020). Implementasi Pendekatan Saintifik Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sosiologi Kurikulum 2013. Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(1), 43–51.
Ismianti.Ch, Sungkono, W. D. (2016). Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Daya Tarik Dalam Perkuliahan. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(6B), 19–27. https://doi.org/10.12681/icodl.591
Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Smp Dalam Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, I(1), 61–66. https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.214
Kamal, S. (2015). Implementasi pendekatan scientific untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 56–64. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.95
Nahdliyati, R., Permin, & Taufiq, M. (2016). Efektivitas Pendekatan Saintifik Dengan Model Project Based Learning Tema Ekosistem Untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Smp. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(2), 1227–1234.
Rhosalia, L. A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(1), 59. https://doi.org/10.30587/jtiee.v1i1.112
Rostikawati, P. (2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. 2(3), 100–108.
Septiety, D. D. W. I., & Wijayanti, R. (2020). Implementasi Pendekatan Saintifik Guru Biologi SMA di Boyolali Implementation of Scientific Approach by Biological Teachers in Boyolali. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 1–8.
Setiya Rini, E. F., Wibisono, G., Ramadhanti, A., Simamora, N. N., & Chen, D. (2020). Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 256. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2211
Siti Aminah, Nonoh, Prawesthi Sekar Ayu, R. D. T. (2020). Pengaruh Model Core dan Model Icare Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Materi Usaha dan Energi Ditinjau dari Kemandirian Belajar SMA. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 10(1), 33–39.
Sumarni, C., & Sumarmo, U. (2016). Penalaran Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa. Edusentris, 3(3), 290–299.