ANALISIS KESULITAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SIWA SMP KELAS VIII PADA MATERI BANGUN DATAR

Authors

  • Nurainah Nurainah IKIP Siliwangi
  • Risna Maryanasari IKIP Siliwangi
  • Puji Nurfauziah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p61-68

Keywords:

kemampuan koneksi matematis, materi bangun datar, kualitatif deskriptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada pokok bahasan bangun datar. Metode penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, dengan mendeskripsikan indikator kemampuan koneksi matematis mana saja yang paling mudah dan sukar untuk dikuasai siswa. Subjek dari penelitian ini adalah  Siswa kelas VIII SMPN 7 Cimahi sebanyak 39 siswa. Insteumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan komunikasi matematik yang mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematik. Berdasarkan analisis data bahwa siswa menguasai dengan baik indikator kemampuan koneksi dalam kemampuan siswa dalam mengenali hubungan pokok bahasan yang berbeda dalam matematika, dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta siswa mengalami kesusahan pada indikator koneksi dalam menggunakan matematika dalam studi lainnya.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar: teori, diagnosis, dan remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, N. R. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning Berbantuan Web. Makalah Pendamping: Pendidikan Matematika, 4(1).

Linto, R. L., Sri E., dan Yusmet R. (2012). “Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pikiranâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), 83-87.

Nari, N., & Musfika, A. P. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematika Peserta Didik. Procceding Iain, 1(2), 311-320. Batusangkar.

Nurfauziah, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-efficacy Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika Model CORE (Dectoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation between Self-Efficacy toward Math with the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177-182.

Sahriah. S, Muksar. M, & Lestari. T. E. (2012). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Septiati, E. (2012). Keefektifan Pendekatan Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real. In Prossiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, (Vol. 10). Yogyakarta

Sholekah, L. M. A., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Sulistyowati, N., Suyatno, M. S., Poedjiastoeti, S., & Si, M. (2014). Pembelajaran Kimia Dengan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMK Pada Pokok Bahasan Termokimia. Doctoral Dissertation, Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Warih, P. D. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 12 Maret 2016, (hal. 377-384). Muhammadiyah University Press.

Wijaya, A. A. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Dua Variabel. Mathedunesa, 2(1).

Downloads

Published

2018-01-17

Issue

Section

Articles