ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DITINJAU DARI ASPEK PROBLEM REPRESENTATION DAN SOLUTION EXECUTION
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.p%25pKeywords:
Error Analysis, Newman's theory, Problem Representation and Solution ExecutionAbstract
References
Depdiknas. (2006). Permendiknas No.22 Tahun 2006 Tentang Standarisasi Sekolah Dasar Dan Menengah. Depdiknas, Jakarta.
Hiebert, J., & Lefevre, P. (1999). Conceptual and Procedural Knowledge of Mathematical Functions. Journal of Educational Psychology, 91(1), 175–189.
Kingsdorf, S., & Krawec, J. (2014). Error analysis of mathematical word problem solving across students with and without learning disabilities. Learning Disabilities Research and Practice, 29(2), 66–74. https://doi.org/10.1111/ldrp.12029
Raghubar, K., Cirino, P., Barnes, M., Ewing-Cobbs, L., Fletcher, J., & Fuchs, L. (2009). Errors in multi-digit arithmetic and behavioral inattention in children with math difficulties. Journal of Learning Disabilities, 42(4), 356–371. https://doi.org/10.1177/0022219409335211
Romadiastri, Y. (2012). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika dalam Menyelesaikan Soal- Soal Logika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 75–92. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.419
Sari, P. P., Hasbi, M., & Anam, K. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aljabar Kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 81–90.
Utami, A. J. L., & Zukarnaen, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 448–458.
Wardani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
White, A. L. (2010). Numeracy , Literacy and Newman ’ s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(3), 129–148. (SPLDV) (Issue 01).
Zulkarnaen, R. (2018). Peningkatan kemampuan pemodelan dan penalaran matematis serta academic self-concept siswa SMA melalui interpretation-construction design model. Disertasi, SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
Zulkarnaen, R. (2020). Konsepsi Siswa dalam Proses Pemodelan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 178–187. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3638
Zulkarnaen, R. (2017). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan sistem persamanan linier dalam bentuk soal cerita. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi, Cimahi 6 Desember 2017, 5, 54–58.