PERKEMBANGAN SISWA SMK KELAS X DALAM PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN

Authors

  • Padhila Angraini Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Rully Charitas Indra Prahmana Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Ardhi Ardhian SMK Muhammadiyah 2 Bantul, Bantul, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p289-298

Keywords:

Single Subject Research, kontruktivisme approach, understanding mathematical, operation of number

Abstract

This study aims to determine about the development of students. This research method used is Single Subject Research (SSR) with basic design of A-B. The techniques of data collection used observation and interview to determine difficulties and the ability understanding mathematical students. The results of this study indicate that kontruktivisme approach can improve understanding mathematical students. It can be seen from the average score obtained by the student before the treatment given that is 11,75 and increased to 77,88 after treatment.

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.

Arisandi, E. (2014). Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian untuk Anak Diskalkulia Melalui Metode Garismatika. E-JUPEKhu, 3(3). 478-488.

Aristiani, N. (2013). Penggunaan Media Batang Napier dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian Bagi Anak Kesulitan Belajar Kelas 3 SD 11 Belakang Tangsi Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 294-310.

Azis, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis kesulitan kognitif dan masalah afektif siswa SMA dalam belajar matematika menghadapi ujian nasional. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 162-174.

Fauziah, K., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Perkalian Matriks Bercirikan Penemuan Terbimbing untuk Siswa Smk Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1721-1729.

Isnaeni, H. D. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Bojonegoro Pada Pokok Bahasan Matrik Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 2(2), 1-16.

Kesumawati, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 30-44.

Kumalasari, A., & Sugiman, S. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 16-27.

Ningsih, S. H., Budiyono, B., & Riyadi, R. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Kecerdasan Logika Matematika Siswa Kelas X SMA di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(5), 479-489.

Niswarni, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Program Linier Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Kelas X Jasa Boga 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 19-29.

Noviandra, R., Sudaryati, S., & Meiliasari. (2014). Mengembangkan Pemahaman Matematika Siswa Terhadap Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Di SMP Negeri 1 Tambun Selatan. Jurnal Matematika FMIPA UNJ, 13(1), 119-131.

Nurlita, M. (2015). Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. Jurnal pendidikan matematika. 10(1). 38-49.

Prahmana, R. C. I. (2010). Permainan “Tepuk Bergilir†yang Berorientasi Kontruktivisme dalam Pembelajaran Konsep KPK Siswa Kelas IV A Di SDN 21 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). 61-69.

Purnama, Afriansyah. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Team Quis. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 26-42

Putri, J. D., Kriswandani, & Wahyudi (2016). Analisis Kesalahan Menurut Newman dan Pemberian Scaffolding pada Materi Luas Segitiga dengan Aturan Sinus dan Cosinus Bagi Siswa XI MIA 1 SMA Kristen Satya Wacana Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW).

Rahmawati. (2017). Desain Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Dengan Menggunakan Timbangan Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Matematika. 11(1). 57-68.

Ramellan, P., Musdi, E., & Armiati. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 77-82.

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 111-128.

Sari, W. M. (2013). Penggunaan Media Timbangan Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu, 2(1). 416-427.

Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subjek Tunggal. Center for Research on International Cooperation in Education Development (CRICED) University of Tsukuba.

Syaban, M. (2009). Menumbuhkembangkan Daya Dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal Educationist, 3(2), 129-136.

Ulfah, A. F., & Prahmana, R. C. I. (2018). Single Subject Research: Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Elemen, 4(1), 105-118.

Untari, E. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Pokok Bahasan Pecahan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Ngawi, 13(01). 1-8.

Downloads

Published

2018-05-23

Issue

Section

Articles