ANALISIS KARAKTERISTIK LEARNING OBSTACLE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR

Authors

  • Yunita Rismawati IKIP Siliwangi
  • Lita Nurlitasari IKIP Siliwangi
  • Gida Kadarisma IKIP Siliwangi
  • Euis Eti Rohaeti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p99-106

Keywords:

Learning obstacle, Bangun datar, Kualitatif Deskriptif

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik learning obstacle yang terjadi pada siswa SMP saat mengerjakan soal kemampuan komunikasi matematika dengan materi bangun datar. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada penelitian ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle dan epistemologi obstacle. Metode Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif  dengan 3 sampel siswa (dari kemampuan rendah, sedang dan tinggi) dari salah satu sekolah di Kota Cimahi, instrumen penelitian ini berupa seperangkat tes pada materi bangun datar dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa karakteristik learning obstacle yang terjadi kebanyakan epistemologi obstacle yaitu keterbatasan koteks yang dimiliki siswa, sedangkan didactical obstacle hanya sebagian kecil yang mengalaminya dan tidak ada siswa yang mengalami ontogenic obstacle dalam menyelesaikan soal

References

Hendriana, H., Hidayat, W., & Ristiana, M. G. (2018). Student teachers’ mathematical questioning and courage in metaphorical thinking learning. In Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012019.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 132-141.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174.

Soedjadi, R. (2014). Inti Dasar–Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Yosefa, B., & Nurjanah, E. (2013).Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Menggunakan Mind Mapping terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 146-151.

Downloads

Published

2018-04-19

Issue

Section

Articles