ANALISIS KARAKTERISTIK LEARNING OBSTACLE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR

Yunita Rismawati(1*), Lita Nurlitasari(2), Gida Kadarisma(3), Euis Eti Rohaeti(4)

(1) IKIP Siliwangi
(2) IKIP Siliwangi
(3) IKIP Siliwangi
(4) IKIP Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik learning obstacle yang terjadi pada siswa SMP saat mengerjakan soal kemampuan komunikasi matematika dengan materi bangun datar. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada penelitian ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle dan epistemologi obstacle. Metode Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif  dengan 3 sampel siswa (dari kemampuan rendah, sedang dan tinggi) dari salah satu sekolah di Kota Cimahi, instrumen penelitian ini berupa seperangkat tes pada materi bangun datar dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa karakteristik learning obstacle yang terjadi kebanyakan epistemologi obstacle yaitu keterbatasan koteks yang dimiliki siswa, sedangkan didactical obstacle hanya sebagian kecil yang mengalaminya dan tidak ada siswa yang mengalami ontogenic obstacle dalam menyelesaikan soal

Keywords


Learning obstacle, Bangun datar, Kualitatif Deskriptif

Full Text:

PDF

References


Hendriana, H., Hidayat, W., & Ristiana, M. G. (2018). Student teachers’ mathematical questioning and courage in metaphorical thinking learning. In Journal of Physics: Conference Series, 948(1), 012019.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press

Rohimah, S. M. (2017). Analisis Learning obstacles pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 132-141.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2), 165-174.

Soedjadi, R. (2014). Inti Dasar–Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Yosefa, B., & Nurjanah, E. (2013).Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Menggunakan Mind Mapping terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pengajaran MIPA, 18(2), 146-151.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p99-106

Article Metrics

Abstract view : 1072 times
PDF - 638 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 --------------------------------------------------------------------------------

JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Publisher Address:

HKI & Publikasi IKIP Siliwangi

Building D - First Floor - Room D-12

Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi

jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

 

JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-221X  e-ISSN: 2614-2155

 

JPMI has been indexed at: 

Google Scholar.

  

 



View My Stats