MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Dwi Candra Kusuma IKIP Siliwangi
  • Risma Amelia IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p45-52

Keywords:

Disposisi matematis, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Pendekatan yang berpeluang dapat meningkatkan disposisi matematis siswa adalah pembelajaran berbasis masalah, sehingga tampil aktif dan memberi respon yang positif terhadap pembelajaran matematika. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan dan pencapaian disposisi matematis siswa sekolah menengah pertama yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dengan yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi yang diambil adalah siswa SMP Negeri di Purwakarta dengan sampel kelas VIIA dan kelas VIIB. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen non-tes berupa skala disposisi dan skala pandangan siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah.Analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji t, uji t’ dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menyatakan bahwa disposisi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan konvensional. Sementara pandangan siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah menunjukkan kriteria yang cukup. Pendekatan pembelajaran berbasis masalah sebaiknya digunakan dengan perencanaan yang matang karena memerlukan waktu yang relatif lama dalam pelaksanaannya.

References

Amir, M.T. (2008).Inovasi Pendidikan Melalui Peoblem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hendriana, H., Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Herman, T. (2007).Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama.[Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._1Januari_2007/6._Tatang_Herman.pdf[17 Juli 2017]

Lidinillah, A.M. (2014). Konsep Dasar Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem Based Learning.(PBL).[Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/KDTASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_(KD-TASIKMALAYA)-19790[29 Agustus 2017]

Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). “Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalahâ€. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.147-158.

Ruseffendi, E.T. (1993). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi: tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T (2006). Pengantar kepada Membantu Gutu Mengembangkan Kompetensinya dalam Meningkatkan Matematika dalam CBSA. Bandung: Tarsito.

Rusmono (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sudjana (2005).Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono (1990).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah.

Sumarmo, U. (2004). “Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensiâ€.Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.25-48.

Sumarmo, U. (2012). “Proses Berpikir Matematik: Apa dan Mengapa Dikembangkanâ€. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.429-485.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zulkarnaen, R., Hamidah, Sariningsih, R. (2012). “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik: Eksperimen terhadap siswa SMA menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Talk-Think-Writeâ€. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.371-392.

Sumarmo, U. (2013). “Evaluasi dalam Pembelajaran Matematikaâ€.Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.189-214.

Tasdikin (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.[Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/id/eprint/10445[17 Agustus 2017].

Downloads

Published

2018-01-17

Issue

Section

Articles