MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p45-52Keywords:
Disposisi matematis, pembelajaran berbasis masalahAbstract
References
Amir, M.T. (2008).Inovasi Pendidikan Melalui Peoblem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hendriana, H., Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Herman, T. (2007).Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama.[Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/EDUCATIONIST/Vol._I_No._1Januari_2007/6._Tatang_Herman.pdf[17 Juli 2017]
Lidinillah, A.M. (2014). Konsep Dasar Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) atau Problem Based Learning.(PBL).[Online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/KDTASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_(KD-TASIKMALAYA)-19790[29 Agustus 2017]
Permana, Y., & Sumarmo, U. (2007). “Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalahâ€. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.147-158.
Ruseffendi, E.T. (1993). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi: tidak diterbitkan.
Ruseffendi, E.T (2006). Pengantar kepada Membantu Gutu Mengembangkan Kompetensinya dalam Meningkatkan Matematika dalam CBSA. Bandung: Tarsito.
Rusmono (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sudjana (2005).Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono (1990).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijaya Kusumah.
Sumarmo, U. (2004). “Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensiâ€.Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.25-48.
Sumarmo, U. (2012). “Proses Berpikir Matematik: Apa dan Mengapa Dikembangkanâ€. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.429-485.
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zulkarnaen, R., Hamidah, Sariningsih, R. (2012). “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik: Eksperimen terhadap siswa SMA menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Talk-Think-Writeâ€. Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.371-392.
Sumarmo, U. (2013). “Evaluasi dalam Pembelajaran Matematikaâ€.Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya.Universitas Pendidikan Indonesia.189-214.
Tasdikin (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.[Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/id/eprint/10445[17 Agustus 2017].