MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI SPLDV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p703-708Keywords:
Open-Ended Approach, Mathematical CommunicationAbstract
References
Afrilianto, M. (2016). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activies Terhadap KEMAMPUAN Komunikasi Matematik Siswa SMP. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 40–45.
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Pena Ilmiah, 1(1), 1061–1070.
Firman, F. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Open Ended Siswa Kelas X SMA Taman Madya Jetis Yogyakarta. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118.
Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematika serta Kemandirian Belajar. dalam Jurnal Delta-fi, 2(1).
Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation between Self-Efficacy toward Math with the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177-182.
Ranti, M. G. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Strategi Writing to Learn pada Siswa SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Syamsudin, N., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cariu pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 313–324.
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).
Zakiah, L., Saomi, A. S. N., Syara, R., Hidayat, W., & Hendriana, H. (2018). THE EFFICIENCY OF USING EDUCATION VIDEOS ON THE LINEAR PROGRAM MATERIAL AS OBSERVED IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS’MATHEMATICAL COMMUNICATION ABILITY. Journal Of Educational Experts (JEE), 1(1), 11-18.