PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452Keywords:
Mathematical Problem Solving, Problem Based LearningAbstract
References
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.
Muliawati, N. A. (2015). Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pendekatan Problem Based Learning. Universitas Pendidikan Matematika.
Nurlaelasari, F. (2016). Pengaruh Pendekatan problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa MTs di Kota Cimahi. STKIP Siliwangi Bandung.
Pradhini, G. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematis Siswa SMA melalui Strategi REACT. STKIP Siliwangi bandung.
Ruseffendi, E. T. (2010). Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sari, S., Elniati, S., & Fauzan, A. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SiswaKelas VIII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 54–59.
Setiawati, S. (2014). Perbandingan peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP antara Yang Memperoleh Pembelajaran Model M-APOS dan Model Problem Based Learning. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidikan Matematika.
Wahyu, H. (2014). The Implementation of MEAs Instruction to Students’ Mathematics Problem Solving and Connecting Ability. In Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences 2014. Yogyakarta State University.
Yuniarti, Y. (2016). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematis. EDUHUMANIORA:Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2).
Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di Stkip Siliwangi Bandung. Jurnal Teori Dan Riset Matematika ( TEOREMA), 1.
Zarkasyi, M. W., Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.