Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Kiriman belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar kepada Editor).
  • File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  • Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  • Teksnya satu spasi; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  • Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis, yang dapat ditemukan di Tentang Jurnal.
  • Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi dalam Memastikan Tinjauan Buta telah diikuti.

Author Guidelines

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), adalah jurnal di Indonesia yang dirancang dan dikhususkan untuk dosen, peneliti, pendidik, mahasiswa (S1, S2, dan S3) yang ingin mempublikasikan laporan penelitiannya atau artikel tinjauan pustakanya (hanya untuk kontributor yang diundang ) tentang pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, pendidikan, teknologi, dan pengembangan pendidikan.

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) yang diterbitkan oleh PPG IKIP Siliwangi, Indonesia sebuah jurnal internasional, menyediakan forum untuk penerbitan artikel penelitian asli dan artikel review dari kontributor yang diterbitkan dua kali setahun: April dan November.

Artikel ilmiah yang berhubungan dengan penelitian desain, penelitian pengembangan, dll. sangat diterima. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, ulasan, komunikasi singkat dan komentar ilmiah di Pendidikan Guru Dasar.

Semua makalah yang dikirimkan ke jurnal harus ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia yang baik. Penulis yang bahasa Inggrisnya bukan bahasa ibu mereka didorong untuk memeriksa makalah mereka sebelum diajukan untuk tata bahasa dan kejelasan. Layanan bahasa Inggris dan copyediting dapat disediakan oleh: International Science Editing dan Asia Science Editing. Karya tersebut tidak boleh diterbitkan atau diajukan untuk publikasi di tempat lain. Bahasa resmi naskah yang akan diterbitkan dalam JPP (Jurnal Profesi Pendidikan) adalah bahasa Indonesia.

1. Pedoman Penulis Umum

Semua naskah harus diserahkan ke Kantor Redaksi Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) dengan Online Submission di alamat portal E-Journal: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp, di mana penulis mendaftar sebagai Penulis dan/atau ditawarkan sebagai Reviewer secara online. Jika penulis memiliki masalah dalam pengiriman online, silakan hubungi Kantor Redaksi di email berikut: jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id

Dokumen-dokumen berikut harus menyertai manuskrip yang dikirimkan secara online melalui antarmuka pengiriman online (sebagai file tambahan):

Formulir Perjanjian Transfer Hak Cipta (CTA) yang ditandatangani aslinya (pindai dokumen setelah ditandatangani)

Surat pengantar, menguraikan temuan dasar makalah dan signifikansinya.

Tiga jenis manuskrip yang dapat diterima untuk diterbitkan: Artikel Penelitian Asli, Artikel Review, dan Komunikasi Singkat.

2. Template Naskah

Naskah harus disiapkan sesuai dengan pedoman penulis berikut dalam template artikel MS Word (unduh template artikel MS Word di sini) atau dalam PDF (unduh template artikel PDF di sini)

3. Review Naskah

Setiap makalah yang dikirimkan ditinjau secara independen oleh setidaknya dua peninjau sejawat. Keputusan untuk publikasi, perubahan, atau penolakan didasarkan pada laporan/rekomendasi mereka. Jika dua atau lebih reviewer menganggap sebuah manuskrip tidak layak untuk dipublikasikan di jurnal ini, pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan tersebut akan dikirimkan kepada penulis dalam waktu tiga bulan sejak tanggal pengiriman.

4. Revisi Naskah

Naskah yang dikirim kembali ke penulis untuk direvisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Naskah yang telah direvisi dapat dikirim ke redaksi melalui Online Submission Interface (https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp). Naskah revisi yang dikembalikan lebih dari tiga bulan akan dianggap sebagai kiriman baru.

5. Abstrak Grafis

Abstrak Grafis wajib untuk jurnal ini sejak tahun 2022. Jurnal ini harus merangkum isi artikel dalam bentuk gambar yang ringkas yang dirancang untuk menarik perhatian pembaca online yang luas. Penulis harus memberikan gambar yang secara jelas mewakili karya yang dijelaskan dalam artikel. Abstrak grafis harus diserahkan sebagai file terpisah dalam sistem pengiriman online atau dapat dikirimkan melalui email ke: jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id setelah naskah diterima. Harap cantumkan nomor manuskrip pada subjek email Anda.

Ukuran gambar: harap berikan gambar dengan minimal 531 × 1328 piksel (t × w) atau lebih proporsional. Gambar harus dapat dibaca pada ukuran 5 × 13 cm menggunakan resolusi layar biasa 96 dpi. Jenis file yang disukai: file TIFF, EPS, JPG, PDF atau MS Office.

6. Kantor Redaksi JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

Semua korespondensi harus dikirim ke Kantor Redaksi berikut:

Asep Samsudin (Pemimpin Redaksi)

Redaksi Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) Program Studi Pendidikan Profesi Guru IKIP Siliwangi

Jalan Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi

Gedung E, Lantai Pertama, Ruang  E1

PPG IKIP Siliwangi, Bandung, Jawa Barat Indonesia, 40526

Telepon/Faks: (022) 6629913,

Email: jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id

7. Pedoman Pengajuan Online

Penulis harus terlebih dahulu mendaftar sebagai Penulis dan/atau ditawarkan sebagai Reviewer melalui alamat berikut:

Penulis harus mengisi formulir sedetail mungkin di mana formulir bertanda bintang harus dimasukkan. Setelah semua kotak teks formulir diisi, Penulis mengklik tombol “Daftar” untuk melanjutkan pendaftaran. Oleh karena itu, Penulis dibawa ke antarmuka pengiriman penulis online di mana Penulis harus mengklik "Pengiriman Baru". Di bagian Mulai Pengajuan Baru, klik "'Klik Di Sini': untuk melanjutkan ke langkah pertama dari proses pengiriman lima langkah". Berikut ini adalah lima langkah dalam proses pengajuan online:

Langkah 1 - Memulai Submission: Pilih bagian jurnal yang sesuai, yaitu Artikel Penelitian Asli, Artikel Review, atau Komunikasi Singkat. Dengan demikian, penulis harus memberi tanda centang pada daftar periksa pengiriman.

Langkah 2 – Mengunggah Submission: Untuk mengunggah manuskrip ke jurnal ini, klik Browse pada item Unggah file kiriman dan pilih file dokumen manuskrip yang akan dikirimkan, lalu klik tombol Unggah.

Langkah 3 – Memasukkan Metadata Pengajuan: Pada langkah ini, metadata penulis detail harus dimasukkan termasuk penulis koresponden yang ditandai. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diunggah dengan menyalin teks dan menempelkannya di kotak teks termasuk kata kunci.

Langkah 4 – Mengunggah File Tambahan: File tambahan harus diunggah termasuk Surat Pengantar/Pengajuan, dan Formulir Perjanjian Pengalihan Hak Cipta yang Ditandatangani. Oleh karena itu, klik tombol Browse, pilih file, lalu klik tombol Upload.

Langkah 5 – Mengonfirmasi Pengajuan: Penulis harus memeriksa dokumen naskah yang diunggah pada langkah ini. Untuk mengirimkan naskah ke Primaryedu, klik tombol Finish Submission setelah dokumen benar. Penulis yang sesuai atau kontak utama akan menerima pemberitahuan melalui email dan akan dapat melihat kemajuan pengiriman melalui proses editorial dengan masuk ke situs alamat web jurnal.

Setelah penyerahan ini, Penulis yang mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang penyerahan tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status pengiriman mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka pengiriman online. Pelacakan pengiriman termasuk status tinjauan naskah dan proses editorial.

8. Biaya Penulis (Biaya Halaman)

JPP (Jurnal Profesi Pendidikan) adalah jurnal internasional akses terbuka. Sejak penyerahan naskah tahun 2022, tidak akan ada biaya administrasi untuk pembayaran penulis saat Pengajuan, Pembayaran gratis.

9. Hak Pengguna

Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan selamanya gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang. Kami terus bekerja dengan komunitas penulis kami untuk memilih pilihan terbaik dari opsi lisensi, yang saat ini didefinisikan untuk jurnal ini sebagai berikut:

Atribusi Creative Commons - Lisensi Internasional Share Alike 4.0 (CC BY-SA)

Artikel adalah laporan penelitian lengkap yang berisi deskripsi terperinci dari studi eksperimental atau teoretis dengan interpretasi dan diskusi yang jelas tentang hasil dan data teoretis dan/atau eksperimental. Artikel harus disusun di bawah judul bagian Abstrak (Bahasa Inggris dan Indonesia), Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (opsional) dan Referensi.

Judul Halaman

Organisasi yang ditunjukkan di bawah ini harus diikuti (dalam urutan yang diberikan):

Sebuah. Judul makalah (judul case, 14 pt, bold, center)

B. Nama penulis (12 pt)

C. Afiliasi penulis (10 pt)

D. Alamat institusi tempat pekerjaan dilakukan (10 pt)

e. Nama, alamat pos dan e-mail, dan nomor telepon dan faks dari penulis yang bersangkutan kepada siapa revisi atau bukti dapur kertas akan dikirim. (10 poin)

Judul harus singkat dan tidak lebih dari 20 kata. Alamat afiliasi untuk setiap penulis harus ditunjukkan dengan angka Arab superskrip (1, 2, 3, dst.).

Abstrak (10 pt, tebal)

Artikel harus menyertakan abstrak 200 kata atau kurang. Abstrak tidak boleh mengulang informasi yang sudah ada dalam judul.

Abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Kata kunci (10 pt, miring)

Segera setelah abstrak, berikan maksimal 5 kata kunci yang ditulis dalam urutan abjad. Harap hindari istilah umum, beberapa konsep (hindari, misalnya, dan atau dari), dan singkatan. Hanya singkatan yang sudah mapan di lapangan yang memenuhi syarat.

Pendahuluan (12 pt, tebal)

Pendahuluan menyajikan tujuan dari studi yang dilaporkan dan hubungannya dengan pekerjaan sebelumnya di lapangan. Seharusnya tidak menjadi tinjauan literatur yang luas. Gunakan hanya referensi yang diperlukan untuk memberikan latar belakang yang paling menonjol untuk memungkinkan pembaca memahami dan mengevaluasi tujuan dan hasil penelitian ini tanpa mengacu pada publikasi sebelumnya tentang topik tersebut.

Metode (12 pt, dicetak tebal)

Bagian Metode harus singkat, tetapi harus mencakup informasi teknis yang memadai untuk memungkinkan

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain mana pun.