Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gambar (Flash Card)

Lia Cristilia(1*)

(1) SDK BPK Penabur Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD dengan menggunakan media flash card(kartu bergambar). Metode yang digunakan menggunakan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung, Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris, yaitu merujuk pada hasil tes akhir serta wawancara yang diberikan kepada peserta didik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kartu bergambar (flash card) dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswakelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung.


Keywords


model pembelajaran kontekstual; keterampilan berbicara; kartu bergambar

References


Febriana, F. D., & Sakti, N. C. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS X IPS. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057.

Hanafiah, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film. Epigram. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2229.

Hasanah, T. A., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penggunaan media flash card untuk meningkatkan daya ingat kosakata bahasa inggris siswa kelas 4 sekolah dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 2(2), 187–192.

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. DEIKSIS. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375.

Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.

Lindawati, N. P. (2019). KEEFEKTIFAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN FLASH CARD. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.

Loeziana Uce. (2017). THE GOLDEN AGE : MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Trenggonowati, D. L., & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia. Journal Industrial Servicess.

Wampika, W. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 87 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. SELAMI IPS. https://doi.org/10.36709/selami.v12i2.10854

Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10362

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by:

 

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) published by:

PPG IKIP SILIWANGI

Jl. Terusan Jenderal Sudirman
Gedung E1, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia
Telepon/Faks: (022) 6629913,
Whatsapp: +6285222840857
Email: jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id

Location:

JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.