Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas V SD Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Gambar (Flash Card)
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10362Keywords:
model pembelajaran kontekstual, keterampilan berbicara, kartu bergambarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki keterampilan berbicara Bahasa Inggris pada siswa kelas V SD dengan menggunakan media flash card(kartu bergambar). Metode yang digunakan menggunakan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung, Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Inggris, yaitu merujuk pada hasil tes akhir serta wawancara yang diberikan kepada peserta didik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kontekstual berbantuan media kartu bergambar (flash card) dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswakelas VB SDK 5 BPK PENABUR Bandung.
References
Febriana, F. D., & Sakti, N. C. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH KELAS X IPS. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi. https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057.
Hanafiah, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Media Film. Epigram. https://doi.org/10.32722/epi.v16i2.2229.
Hasanah, T. A., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penggunaan media flash card untuk meningkatkan daya ingat kosakata bahasa inggris siswa kelas 4 sekolah dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 2(2), 187–192.
Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. DEIKSIS. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375.
Kelana, J. B., & Wardani, D. S. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Lindawati, N. P. (2019). KEEFEKTIFAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN FLASH CARD. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.
Loeziana Uce. (2017). THE GOLDEN AGE : MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.
Trenggonowati, D. L., & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia. Journal Industrial Servicess.
Wampika, W. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 87 KENDARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. SELAMI IPS. https://doi.org/10.36709/selami.v12i2.10854
Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).