Peningkatan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Bar Modelling Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10363Keywords:
matematika, pemecahan masalah, model barAbstract
Salah satu materi dalam pelajaran matematika di sekolah dasar yang sering menjadi masalah bagi siswa adalah  pecahan.  Siswa  sering kesulitan  dalam  memahami  pemecahan masalah terutama  dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui ketercapaian peningkatan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan bar moddeling untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil pembelajaran matematika terhadap pemecahan masalah tentang konsep pecahan menggunakan bar modelling  dengan beberapa  tahapan penelitian.  Diantaranya adalah  pemberian  materi  ajar  sesuai skenario pembelajaran dengan menggunakan bar modelling, evaluasi akhir berupa tes tertulis yang diperoleh masing-masing siswa dibandingkan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selain itu, hail penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VI SDK Yahya memiliki respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan bar modelling.
References
Firdaus, A. R., Wardani, D. S., Altaftazani, D. H., Kelana, J. B., & Rahayu, G. D. S. (2020, October). Mathematics learning in elementary school through engineering design process method with STEM approach. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012044). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012044.
Nainggolan, E. Y. (2019). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Mimbar.
Putri, A., Sumardani, D., Rahayu, W., Hajizah, M. N., & Rahman, A. (2020). KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN BAR MODEL PADA MATERI ALJABAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2744.
Ramadhani, R. (2018). The enhancement of mathematical problem solving ability and self-confidence of students through problem based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379.
Rosiyanti, H., & Widyasari, N. (2017). Pengembangan Buku Ajar Bar Modelling Berbasis Pemecahan Masalah Pada Tema Berhemat Energi. In FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JPP (Jurnal Profesi Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)