Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau

Riski Amanda Putri(1*), Aren Frima(2), Elya Rosalina(3)

(1) UNPARI Lubuklinggau
(2) UNPARI Lubuklinggau
(3) UNPARI Lubuklinggau
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 42 siswa. Sampel yang diambil yaitu kelas IV.A yang berjumlah 22 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes dalam bentuk Essay. Data yang dikumpulkan setelah analisis dengan menggunakan uji-t satu sampel pada taraf signifikan =0,05 diperoleh = 2,59 = 1,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,86.


Keywords


Model Kooperatif; Snowball Throwing; IPS

References


Ahmadi, R. (2015). Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamdayama, J. (2016). Metodelogi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mahendra, M. & Kusuma, A, E, N. (2018). Penggunaan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Dikdas Bantara, 1.

Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran, Cet: 1, Yogyakarta: Aswaja Prasindo.

Nurhaedah dan amran. (2017). ). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Mapala Kota Makassar. (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol.1 No.1 e-ISSN:2597-4440 dan p-ISSN:2597-4424). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar statistika, Bandung: Alfabeta CV.

Rohman, F, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Rusman. (2011). Model–model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalsme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Sapriya. (2015). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Cet: 2, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Simartama. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kartika 1-1. ESJ, 6.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA CV.

Sulistyowati, P. & Yasa, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Cemoro Kandang Malang: Edide Infografika.

Suprihatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulandari, M. A., Senen, A., Wardani, D. S., & Kelana, J. B. (2022). Local Wisdom-Based Movable Book as A Teaching Material to Enhance Nationalism in the 21st Century. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 57–68. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i1.202205

Zaini, Munthe, dan A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : Pustaka Insan madani.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpp.v1i2.10958

Article Metrics

Abstract view : 66 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by:

   

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) published by:

PPG IKIP SILIWANGI

Jl. Terusan Jenderal Sudirman
Gedung E1, Cimahi, Jawa Barat, Indonesia
Telepon/Faks: (022) 6629913,
Whatsapp: +6285222840857
Email: jpp@journal.ikipsiliwangi.ac.id

Location:

JPP is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.