Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.10958Keywords:
Model Kooperatif, Snowball Throwing, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu. Populasi kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 42 siswa. Sampel yang diambil yaitu kelas IV.A yang berjumlah 22 siswa. Untuk pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling yang dilakukan secara acak. Pengumpulan data dengan menggunkan teknik tes dalam bentuk Essay. Data yang dikumpulkan setelah analisis dengan menggunakan uji-t satu sampel pada taraf signifikan =0,05 diperoleh = 2,59 = 1,72 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing secara signifikan tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,86.
References
Ahmadi, R. (2015). Pengantar Pendidikan Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdayama, J. (2016). Metodelogi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mahendra, M. & Kusuma, A, E, N. (2018). Penggunaan Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Dikdas Bantara, 1.
Ngalimun. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran, Cet: 1, Yogyakarta: Aswaja Prasindo.
Nurhaedah dan amran. (2017). ). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Mapala Kota Makassar. (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol.1 No.1 e-ISSN:2597-4440 dan p-ISSN:2597-4424). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1.
Riduwan. (2015). Dasar-dasar statistika, Bandung: Alfabeta CV.
Rohman, F, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Rusman. (2011). Model–model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalsme Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
Sapriya. (2015). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Cet: 2, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Simartama. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kartika 1-1. ESJ, 6.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA CV.
Sulistyowati, P. & Yasa, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Cemoro Kandang Malang: Edide Infografika.
Suprihatiningrum. (2016). Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wulandari, M. A., Senen, A., Wardani, D. S., & Kelana, J. B. (2022). Local Wisdom-Based Movable Book as A Teaching Material to Enhance Nationalism in the 21st Century. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 57–68. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i1.202205
Zaini, Munthe, dan A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta : Pustaka Insan madani.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)