Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.11744Keywords:
pemahaman konsep, bahan ajar powerpoint, problem based learningAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep.matematika pada.siswa kelas.IV. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan ajar yang kurang menarik. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yaitu menggunakan bahan ajar yang menarik dan menggunakan model pembelajaran, seperti model problem based learning (PBL). PBL merupakan model pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai pusat dari kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji pemahaman siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Subyek pada penelitian ini yaitu 40 orang siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar mendapatkan persentase kelayakan dari ahli materi dan ahli media sebesar 82% dengan kriteria valid dan ahli praktisi 87% dengan kriteria sangat positif. Hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Perolehan rata-rata N-Gain score pemahaman konsep pada uji coba terbatas adalah 0,50 dan uji coba lebih luas adalah 0,64. Maka dapat disimpulkan bahwa N-Gain pada kedua uji coba tersebut mendapatkan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar menggunakan model problem based learning berbantuan aplikasi powerpoint layak digunakan dalam pembelajaran.
References
Anisa, N., Din. A.U., dan Astri. S. (2021). “Pengembangan Media Powerpoint Motion Graphics Sederhana dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasarâ€. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education. Vol.5-No.1.
Annisa, V., Nur, F. dan Muhammad, N.A.(2021). “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasarâ€. Wasis: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol.2-No.1, 7.
Damayanti, P.A. dan Abd, Q. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucutâ€. Kreano. Vol.10-No.2, 124.
Diana, P., Indiana, M. dan Aan, S,P. (2020). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematikâ€. Supremum Journal of Mathematics Education. Vol.4-No.1, 24.
Fatmawati, B.A. (2021). “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Saintifikâ€. Jurnal Pendidikan Tematik. Vol.2-No.2.
Febriyanto, B., Yuyun, D.H. dan Oom, K. (2018). “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan di Kelas II Sekolah Dasarâ€. Jurnal Cakrawala Penda.Vol.4-No.2, 39.
Ferdianto, F. dan Setiyani. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematikaâ€. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol.2-No.1.
Firman. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar menggunakan Model Problem Based Learning pada Sub Tema Pemanfaatan Energi di Kelas IV SDâ€. Elementary Islamic Teacher Journal. Vol.8-No.2.
Harni, S dan Indina. T. (2018). “Implementasi Teori Behaviorisme dalam Membentuk Disiplin Siswa SDN Cipinang Besar Utara 04 Petang Jatinegara Jakarta Timurâ€. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar. Vol.5-No.2.
Indariani, A., Surya. A.P., dan Siska. F. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematikaâ€. EduMa. Vol.7-No.2.
Kelana, J. B., Robandi, B., & Widodo, A. (2022). Inquiry Model: How to Improve the Ability of the Nature of Science and Its Aspects in Elementary School?. International Journal of Elementary Education, 6(2).
Lugina, M. G., & Artiani, Y. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 34-48.
Mayasari, W. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Teknologi Informasi Powerpoint di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi: Diterbitkan.
Mudiana, I.G., I.G Wira.B., dan N.N. Arca. A. (2021). “Model Problem Based Learning berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SDâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol.4-No.3.
Nazirah. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning yang dapat Meningkatkan Kemampuan Pemahman Konsep Matematis Siswa SMA/MA. Skripsi : Diterbitkan.
Radiusman. (2020). “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematikaâ€. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol.6-No.1, 6-7.
Rahayu, Y. dan Heni, P. (2018). “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cibadakâ€. Symmetry Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education.Vol.3-No.2, 99-100.
Robiyono. (2020). Peningkatan Pemahaman Siswa melalui Media Powerpoint dengan Pembelajaran RME pada Pembelajaran Matematika Kelas 6 Menuju Masyarakat 5.0 di SDN 13 Muara Telang. Makalah disajikan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, 10 Januari, 2020 in Universitas PGRI Palembang, Indonesia.
Setiawan, E. dan Swaditya. R. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Barisan dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktifâ€. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro. Vol.7-No.3.
Shahbana, E.B., Fiqh. K.F., dan Rachmat. S. (2020). “Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaranâ€. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. Vol.9-No.1.
Suastika, I.K. dan Amaylya. R. (2019). “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstualâ€. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol.4-No.2.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, E. (2018). “Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesiaâ€. Sinastekmapan E-Journal.Vol-1.
Tiara, A. R., dkk. (2018). “Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritisâ€. Jurnal Review Pendidikan Dasar Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol.4-No.3.
Ulia, N. (2018). “Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasarâ€. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI.Vol.5-No.2, 178.
Warkintin, Y.B.M. (2019). “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswaâ€. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.9-No.1.
Wulantina, E., Hertanti., dan Sugama. M. (2019). “Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Matematika berbasis Lampungnese Etnomatematicsâ€. Journals of Mathematics Education. Vol.2-No.2.
Zakariah, M.A., Vivi, A. dan M. Zakariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (RnD). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warohmah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).