Perspektif Guru Pamong Terhadap Kompetensi Mahasiswa PPL Pada Sekolah Menengah Pertama Di Cimahi
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.15037Keywords:
perspektif, kompetensi guru, pplAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perspektif seorang guru pamong terhadap kompetensi mahasiswa yang telah melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) pada sekolah menengah pertama di Cimahi. Hal ini dilakukan karena guru pamong sebagai subyek penelitian adalah pengguna sekaligus penilai kompetensi mahasiswa (dikaitkan dengan kompetensi guru), dalam memenuhi satu prasyarat mata kuliah yaitu PPL. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara sebagai instrumen. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dan didapatkan hasil yang menunjukkan bila kemampuan mahasiswa PPL masih sangat harus ditingkatkan dalam beberapa hal khususnya yang berkaitan dengan kompetensi kepribadian. Hal ini perlu diatasi dengan memberikan penekanan khusus dari kampus agar mereka mampu berpikir kritis dan membantu memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan di sekolah khususnya yang berkaitan dengan peserta didik.
References
Fathurrahman, F., & Farih, A. (2019). Implementasi Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Universitas Islam Lamongan. Jurnal Reforma, 7(2), 77. https://doi.org/10.30736/rfma.v7i2.80
Fitria, N., & Fidesrinur. (2017). Praktik Pengalaman Lapangan. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(1). https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/253
FManurung, L. W., Saragih, F., Saragi, C. N., & Manurung, L. (2022). The Effect of Applying Venn Diagram Strategy on Students’ Achievement in Reading Comprehension at the twelfth Grade Students of SMKN 5 Medan. Scientia, 11(1), 537–544. https://doi.org/10.24114/reg.v1i1.337
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing Paradigms in Quualitative Research. In Handbook of Qualitative Research (pp. 273–285).
Hamalik, O. (2013). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. B, 1(2).
Mardiyono, S. (2006). Praktik Pengalaman Lapangan Terpadu dalam Peningkatan Kualitas Calon Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 25(1), 57–72.
Mujahidah, Magdahalena, & Hasnani. (2017). Ekspektasi Guru Pamong Dan Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) STAIN Parepare. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 107–129. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i2.563
Sombo, I. T., Buku, M. N. I., Sepe, F. Y., & Herak, R. (2019). Pancasakti Science Education Journal. Pancasakti Science Education Journal, 4. https://doi.org/10.24905/psej.v4i2.1386
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sukmawan, S., Adi, S. S., Dewi, P. K., Asteria, P. V., Hapsari, Y., Ratri, D. P., Inayati, D., Sutiyarti, U., & Saragih, F. A. Puspitasari, D. (2016). Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Ilmu Budaya. Universtas Brawijaya. Malang.
Widiyastutik, D. (2013). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).