Model Pembelajaran Instruksi Langsung Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa MTs
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.18132Keywords:
behavioral, instruksi langsung, keterampilan menulis cerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman melalui model pembelajaran behavioral (Instruksi langsung) pada siswa kelas IX C MTs Negeri 4 Cianjur tahun pelajaran 2022-2023. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX C MTs N 4 Cianjur tahun pelajaran 2022-2023 sebanyak 29 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjek pelaku tindakan adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas IX selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran behavioral (instruksi langsung) dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis cerpen dalam pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di kelas IX C MTs N 4 Cianjur tahun pelajaran 2022-2023. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil keterampilan menulis cerpen siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 71 pada siklus I sebesar 75,72 dan pada siklus II sebesar 81,65. Selain itu, persentase ketuntasan siswa yaitu sebelum tindakan sebesar 48,27%, pada siklus I sebesar 75,86%, pada siklus II sebesar 89,65%.
References
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Deepublish Publisher.
Kosasih, dkk. 2004. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP Kelas 1,2 dan 3. Bandung: Pustaka Setia.
Kusuham, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Nurhayati, Titin dkk. 2009. Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Bahasa Indonesia. Bandung: FKIP Unpas.
Rahayu, R. A., Setiyadi, R., & Susanti, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Materi Laporan Wawancara dengan Menggunakan Pendekatan Open Ended Berbantuan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Menulis Kelas IV SD. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(2), 142-147.
Sudjana, Nana. 1987. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah: Makalah-Skripsi-Tesis-Disertasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Supardan, Dadang. 2015. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran dari zaman Klasik sampai Behavioral.Bandung: Yayasan Rahardja.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan pembelajaran. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Usman, Moh.Uzer dan Setiawati, Lilis. 2000. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) agree to the following terms: Authors retain copyright and grant Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) right of first publication with the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY SA 4.0). This license lets anyone share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, including commercial purposes, as long as they give proper attribution to the original author(s) and credit the initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), as well as distribute derivative works under the same license.
This article is an open access article licensed under CC BY-SA. Copyright © 2025 by the Author. Published by PPG IKIP Siliwangi.
Authors may also make additional contractual arrangements separately for the non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., posting it to an institutional repository or including it in a book), while still acknowledging its initial publication in Jurnal Profesi Pendidikan (JPP). Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on a personal website) before and during the submission process, as this practice can foster more productive scholarly exchange and result in more rapid and widespread citation of the published work. (See Impact of Open Access).