ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LERANING (PjBL)TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Isyfa Robi’ah Al-Adawiyah PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Neneng Kurnia Sandi PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Rima Rahmawati Permana PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Sulastri Nurmaya PPG Prajabatan PGSD IKIP Siliwangi
  • Ryan Dwi Puspita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22941

Kata Kunci:

Konsentrasi Belajar, PjBL, Peserta Didik Sekolah Dasar

Abstrak

Konsentrasi adalah kemampuan mental untuk fokus pada satu tugas atau objek tanpa terganggu oleh faktor eksternal atau internal. Kemampuan konsentrasi yang baik sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk belajar, bekerja, dan berolahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat konsentrasi belajar siswa kelas II SDN Baros Mandiri 4 dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya konsentrasi dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Artikel ini menyajikan tinjauan tentang faktor-faktor yang memengaruhi konsentrasi, strategi untuk meningkatkan konsentrasi, serta dampak dari konsentrasi yang baik terhadap produktivitas dan kinerja. Diskusi meliputi pentingnya lingkungan yang tenang, manajemen waktu yang efektif, teknik relaksasi, dan latihan kognitif untuk meningkatkan konsentrasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua puluh tujuh orang, dimana pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive.  dengan melihat hasil belajar siswa, kemudian mengklasifikasikannya kedalam kriteria hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Model Project Based Learning dengan empat aktivitas yang dilakukan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke dua puluh tujuh subjek penelitian memiliki tingkat konsentrasi belajar yang berbeda. Subjek 1-9 dengan hasil

belajar tinggi memenuhi 6 indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 3 indikator konsentrasi belajar. Subjek 1-9 mendapatkan skor 58,82 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang. Subjek 10-18 dengan hasil belajar sedang memenuhi 7 indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 2 indikator konsentrasi belajar. Subjek 10-18 mendapatkan skor 70,58 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang. Sedangkan subjek 19-27 dengan hasil belajar tinggi memenuhi tujuh indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 2 indikator konsentrasi belajar. Subjek C mendapatkan skor 82,35 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Kesimpulannya, dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi konsentrasi dan penerapan strategi yang tepat, seseorang dapat meningkatkan konsentrasi mereka dan mencapai hasil yang lebih baik dalam berbagai aktivitas.

Referensi

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project based learning integrated to stem to enhance elementary school’s students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261-267.

Creswell, JW (2015). Penelitian pendidikan: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian kuantitatif dan kualitatif (Edisi Kelima). Pearson.

Hasan, Harahap, Hasibuan, Rodliyah, Thalhah, Ratnaningsih, & Hum (2013). METODE PENELITIAN KUALITATIF.

Hayu, W.R.R., & Anggraeni, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Poject Based Learning (PJBL) Pada Pelajaran IPAS: Teknik Eco Printing. Karimah Tauhid, 3(3), 2673–2684. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12558

Herowati, H. (2023). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIATERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Penelitian dan Pengetahuan Inovasi, 2(12), 4603–4612. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i12.5672

Ma’ruf, A., Al’Afafa, R., Hoeriyah, U., Fatimah, S., & Subarkah, I. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Materi Ibadah Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Klopogodo. 11.

Makrufi, A., Hidayat, A., & Muhardjito, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah pokok bahasan fluida dinamis (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Nuryani, H., Wijayanti, D., & Hidayati, E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar.

Putri, SM (2023). Analisis Peran Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Pendekatan Science Edutainment Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31219/osf.io/4n65q

Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. PENDIDIKAN: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886Slameto, 2010, belajar dan factor-faktor yang mempengaruhi, Rineka Cipta,Jakarta.

Sukamti, E. U., Putra, A. P., & Devi, A. C. (2019). Innovation of project base learning (PjBL) on outdoor study for PGSD’s student activity on education diffusion. Int. J. Innov. Creat. Chang, 5(5), 546-561.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa mata kuliah kapita selekta matematika pendidikan dasar fkip umsu. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Cara Mengutip

Robi’ah Al-Adawiyah, I., Sandi, N. K., Rahmawati Permana, R., Nurmaya, S., & Dwi Puspita, R. (2024). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJEK BASED LERANING (PjBL)TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Profesi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22941

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.