PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.22460/parole.v8i2.28071Keywords:
project based learning, media canva, menulis, teks prosedurAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa dalam menulis teks prosedur. Kesulitan tersebut timbul akibat metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih tergolong konvesional serta kurangnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Sebagai solusi, penelitian ini menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif, yaitu Project Based Learning yang didukung oleh media Canva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan model Project Based Learning Canva, respons serta hambatan yang dihadapi siswa serta efektivitas model pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mix Method. Hasil nilai yang diperoleh peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan Canva menunjukan skor rata-rata 68, sedangkan hasil nilai setelah diterapkan pembelajaran dengan model Project Based Learning berbantuan Canva menunjukan skor rata-rata 92. Adapun hasil uji analisis statistic pada penelitian ini menunjukan nilai signifikan berada di bawah 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesisi nol (Ho) ditolak. Nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,75 termasuk kategori tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahawa penerapan model Project Based Learning berbantuan media Canva efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis dan hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur.
References
Aminah, R. (2021). Desain Grafis untuk Pemula Menggunakan Canva. Jakarta: Pustaka Belajar.
Anasya, S. W. (2023). Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran Menulis Puisi di SMP. Tesis Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jambi.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azhari, D. S. (2023). Penelitian Mix Methode: Penggabungan Metode Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian. Penerbit XYZ.
Dewi, R. (2020). Penerapan Canva dalam Pembelajaran Berbasis Kolaborasi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 3(1), 45-53.
Epifania, M., dkk. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 26(1), 45-58.
Harmer, J. (2018). The Practice of English Language Teaching (5th ed.). Pearson Education.
Indriyani, D., & Wrahatno, A. (2019). Karakteristik Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 26(1), 45-58.
Ismayani, M., Sukawati, S., & Permana, A. (2019). Analisis Hasil Observasi Penerapan Model Project Based Learning Dalam Mata Kuliah Menulis Bahan Ajar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 169-177.
Mahsun. (2019). Pengembangan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(2), 100-112.
Mariam, S. N. (2023). Penelitian Mix Method: Menggabungkan Data Kualitatif dan Kuantitatif untuk Hasil yang Komprehensif. Penerbit ABC.
Nurjanah, N. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Asia Selatan "Media Film" Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(3), 165-171.
Pratiwi, E. (2019). Canva dalam Dunia Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 123-134.
Rohman, A. (2018). Analisis Penggunaan Canva dalam Desain Grafis: Studi Kasus pada Pengguna Gratis. Jurnal Teknologi dan Desain, 5(1), 10-20.
Saleh, A. (2021). Keterampilan Menulis dalam Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Akademika.
Wiwin, Wikanengsih, & Suhara, A. M. (2021). Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Mengunakan Metode project based Learning berbatuan Media Audio Visual. Parole Jurnal Pendidikan Bajasa dan Sastra Indonesia, 4(2614-624X), 101–108.
Wulandari, N. M. D. S., Susrawan, I. N. A., & Wedasuwari, I. A. M. (2020). Implementasi metode Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas dalam menulis teks prosedur pada siswa kelas VII B SMP Sapta Andika. JIPBSI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.