PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CIRC TERHADAP MENULIS TEKS CERAMAH PADA SISWA SMA
Keywords:
CIRC method, lecture text, producing textAbstract
References
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Farboy, S. (2009). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Sebuah Teks. Artikulasi, 7(1), 415–431.
Firmansyah, D. (2017). Penerapan Metode Sugesti Imajinatif Melalui Media Musik untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Dinamika, 9, 17-22.
Halimah, A. (2014). Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis di SD/MI. Auladuna, 1(36), 27–35.
Huda, M. (2014). Model-Model Mengajar dan Pembelajaran. Malang: Pustaka pelajar.
Ismayani, R. M. (2017). Kreativitas dalam Pembelajaran Literasi Teks Sastra. Semantik, 2(2), 67-86.
Maarif, H. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning dan CIRC dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 SD Pendidikan Guru Sekolah Dasar – FKIP – UKSW Salatiga. 97–115.
Mustika, I., & Lestari, R. D. (2017). Hubunganminat Baca Dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Terhadap Kemampuan Menulis Puisi. Semantik, 5(2).
Riadi, M. (2017). Metode Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Retrieved from https://www.kajianpustaka.com
Sobari, T. (2013). Penerapan Teknik Siklus Belajar dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokasional di SMK. Jurnal Semantik, (2008), 17–41.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhara, A. M. (2017). Penerapan Strategi Active Learning Tipe Kontrak Belajar dalam Kegiatan Menulis Artikel. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 71. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.291
Wikanengsih, W. (2012). Menerapkan Neurolinguistic Programming (NLP) Dalam Pembelajaran. Semantik, 1(1).