PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP IT AL-FATIH RONGGA

Penulis

  • Sri Winarti IKIP Siliwangi
  • Wikanengsih IKIP Siliwangi
  • Aditya Permana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v8i2.28451

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Canva, Puisi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan  pemahaman terhadap pembelajaran menulis  teks puisi siswa kelas VIII SMP IT Al-Fatih Rongga, hal tersebut diketahui dari hasil observasi awal yaitu dari hasil wawancara kepada guru bahasa Indonesia dan dari hasil pretest siswa yang tidak memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil  penerapan model Problem Based Learning  berbantuan Canva, kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks puisi, serta untuk mengetahui efektifitas penggunaan model Problem Based Learning  berbantuan Canva dilihat dari kemampuan menulis siswa dan ketuntasan belajar siswa SMP IT Al-Fatih Rongga. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Mix Method dengan desain Explonatory Sequential Design. Populasi dan sampel pada penelitian ini diikuti oleh 25 siswa kelas VIII A. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua dilihat dari hasil observasi guru dan siswa, yang memperoleh hasil “Sangat Baik”. Adapun kendala yang dihadapi guru adalah kurangnya fasilitas sarana dan prasarana, sementara siswa menghadapi kendala kurangnya kosa kata dan pemahaman terhadap unsur-unsur pembangun puisi serta mengalami kendala internet yang tidak stabil. Adanya peningkatakan yang signifikan pada siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Canva dengan memperoleh nilai rata-rata 82, 50 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 57.

Referensi

Aprilia, R., Ngatmini, & Ulumudin, A. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Wattpad Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 25 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Cendekia : Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4, 190-198. Retrieved 2025

Dalman. (2020). Keterampilan Menulis . Depok: Rajawali Pers, PT. Raja Grafindo Persada.

Kusrianti, A., & Suharto, T. (2019, Desember). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Linguista, 3. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/indek.php/linguista

Monoarfa, M., & Haling, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Sasindo Unpam, 8, 1088. Retrieved from http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Mukhlis. (2020). Teknik Penulisan Puisi (Teori Aplikasi dan Pendekatan). Kemayoran: Metaforma Internusa.

Nasarudin, Rahayu, M., Sofyan, A., & Fadli, M. (2024). Metode Peneltian Kombinasi (Mixed Method). Padang: CV. Gita Lentera.

Pane, I., Hadju, V. A., Maghpuroh, L., Akbar, H., & Galih. (2021). Desain Penelitian Mix Method. Aceh: Yayasan Penerbit Yayasan Muhammad Zaini.

Priska, E., & Johan, E. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Hasil Menulis Iklan Poster Di SMP Nasional Sariputra Jambi. Lingua Rima (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 11. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar: Yayasan Barcode.

Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab.

Wikanengsih, & Permatasari , D. (2018). Pengaruh Metode Karyawisata (Field Trip) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Karawang Tahun Ajaran 2017/2018. Parole, 1. Retrieved 2025

Diterbitkan

2025-03-29