Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Powtoon Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.23352Kata Kunci:
Berpikir kritis, Model Problem based learning, siswa kelas IIIAbstrak
Keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis dapat mendukung proses berpikir kritis siswa. Namun pada kenyataannya banyak siswa yang masih kekurangan kemampuan berpikir kritis karena mungkin sebagian guru tidak menyertakan kemampuan tersebut proses belajar mengajar. Sehingga menyebabkan siswa belum mampu menyampaikan pendapatnya. Melalui penggunaan video powtoon dan PBL tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan peningkatan kemampuan dalam menganalisis, mengevaluasi serta berpikir secara kritis dalam konsep keliling dan luas bangun datar yang ada di kelas III SD. Desain Sequential eksplanatory design adalah salah satu desain yang digunakan dalam proses penelitian ini. Siswa kelas III SD menjadi salah satu subjek penelitan yang ada di SDN Giriraharja. Penelitian ini melalui dua tahapan, langkah pertama adalah pengumpulan serta analisis data kuantitatif tekniknya dengan memberikan tes mengenai kemampuan berpikir kritis. Pada langkah kedua, data kualitatif dikumpulkan serta dianalisis menggunakan teknik wawancara, angket respon dan formulir observasi. Penelitian ini menunjukan bahwa hasil penggunaaan model PBL berbantuan video
powtoon secara signifikan terdapat peningkatan berpikir kritis. Ini terbukti dari nilai yang diraih oleh para siswa pada saat pretest rata-rata 63 kemudian berubah dengan nilai postest rata-rata sebesar 84 dengan hasil uji cohen`s effect size sebesar 1,826. Dalam tinjauan kualitatif yang melibatkan analisis lebih lanjut, ditemukan bahwa dengan menggunakan model PBL berbantuan video powtoon ini berperan dalam mengaktifkan suasana kegiatan belajar mengajar menjadi aktif serta interaktif serta siswa dapat mengidentifikasi masalah dan merumuskan jawaban dari permasalahan yang diberikan terbukti dengan tingginya antusias dan repon siswa. Dengan hasil tersebut diharapkan penelitian ini mampu berkontribusi dalam pengembangan inovasi pembelajaran berpusat pada siswa serta pengembangan motion grapich.
Referensi
Wahid, A. (2018). Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665
Firdausi, B. W., Warsono, & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229–243.
Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Problem Based Learning.
Gunarti, S. S., & Sodikin, A. (2022). Pembelajaran Pemahaman Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving. COLLASE, 05(02), 293–301.
Harisman, Y., Noto, M. S., & Hidayat, W. (2021). Investigation of Students’ Behavior in Mathematical Problem Solving. Infinity Journal, 10(2), 235–258. https://doi.org/10.22460/infinity.v10i2.p235-258
Hidayat, W., Noto, M. S., & Sariningsih, R. (2019). The influence of adversity quotient on students’ mathematical understanding ability. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032077
Imam, G. (2013). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan, 143.
Laksono, D., Sidik Iriansyah, H., & Oktaviana, E. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Pengembangan Media Pembelajaran Video Interakif Powtoon pada Mata Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 225–233.
Nugraha, T., & Prabawanto, S. (2021). Analysis of Students’ Learning Style Preference Adaptation on Mathematics Learning during the Distance Learning Condition. Paedagogia, 24(2), 174. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v24i2.54182
Nugraha, T., & Suparman, S. (2021). Heterogeneity of Indonesian primary school students’ mathematical critical thinking skills through problem-based learning: A meta-analysis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 315–328. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9645
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Rifqiyana, L., Masrukan, & Susilo, B. E. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Dengan Pembelajaran Model 4K Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 40–46.
Rizky Parlika, Rayhan Rizal Mahendra, Muhammad Rafli Aulia Rojani Lutfi, Rizqy Khoirul Waritsin, & Ramadhan, H. M. T. (2022). Uji Validitas Website Pendataan Ekstrakurikuler Menggunakan Metode Correlation Pearson Dan Kappa Cohen. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 8(2), 63–70. https://doi.org/10.35329/jiik.v8i2.227
Rofiq, M. A. (2019). Keefektifan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(2), 20–25. https://doi.org/10.52005/belaindika.v1i2.14
Santosa, A. W., Amelia, M. A., & Sarwi, M. (2022). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) kelas V SD Negeri Sudimoro 2 tahun ajaran 2021/2022. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234-239.
Saputri, M., Muliadi, A., & Safnowandi, S. (2022). Profil Minat Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Kelas XI. Educatoria: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(3), 148-155.
Suhada, F., & Ahmad, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Operasi Pecahan di Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(3), 289. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i3.10451
Sukaptiyah, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model. Scholaria, 5(1), 114–121.
Susilowati, A. (2018). Pengaruh PBL terhadap kemandirian belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 72-77.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Artikel Serupa
- Paulina Sri Fajar Br. Aritonang, Rika Amelia, Rizky Afianto, Salsabila Amalia, Aflich Yusnita Fitrianna, Penerapan Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Yanuar Rafindo, Puspa Dianti, Laili Linda Hartati, ImproviApplication of ICT-Based Problem Based Learning Method as a Learning Innovation for Pancasila Education to Improve Learning Outcomes of Class VII D Students of SMPN 51 Palembangng Student Motivation in Learning Pancasila Education with Bamboozle Media Games in Class VII B SMP Negeri 51 Palembang , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Kurnia Akbar, Citadewi Aditya, Lathifah Rizki, Nelly Ade Karisma, Selvi Novitasari, Widya Sulistia, Yulianti Yulianti, Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Komik Digital untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Perkalian Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Ayang Wike Sintia, Jajang Bayu Kelana, Anugrah Ramadhan Firdaus, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Oky Prayogi, Ryan Dwi Puspita, Implementation of Constructivism-Based Game-Based Learning Model in Science Learning for Grade IV , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Izzah Millati, Agustina Tyas Asri Hardini, Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Kelas V Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 4 No 1 (2025): June
- Luviani Sri Rezeki, Trisna Nugraha, PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Enur Nurmawati, MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 3 CIPATAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 1 (2024): June
- Windi Triwahyuni, Jajang Bayu Kelana, Duhita Savira Wardani, Penggunaan Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Berbantuan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 3 No 2 (2024): December
- Asih Martiasari, Jajang Bayu Kelana, Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Manipulatif Untuk Siswa Sekolah Dasar , Jurnal Profesi Pendidikan: Vol 1 No 1 (2022): June
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.