The Use of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Models to Improve Elementary School Science Concept Understanding

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.23530

Kata Kunci:

Pemahaman konsep, Pembelajaran IPA, STEM.

Abstrak

Pada hakikatnya pembelajaran IPA di sekolah dasar pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk melihat fakta, konsep dan teori yang berkaitan dengan alam semesta. Guru diharapkan mampu mengetahui dan mengidentifikasi pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model STEM. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Cilumba. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian analisis pemahaman konsep IPA menunjukkan bahwa sebanyak 26,66% siswa memiliki kategori sangat baik, 60,01 % masuk pada kategori baik, dan 13,33% pada kategori cukup. Kesimpulannya, kemampuan pemahaman konsep siswa masuk pada kategori baik, meskipun masih ada sebagian kecil siswa yang masih berada di kategori cukup.

Referensi

Afifah, A. (2021). Peningkatan keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA konsep tekanan zat cair melalui pendekatan stem (science technology engineering mathematic). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 04, 75-79

Beers, S. Z. (2011). 21st Century Skills: preparing students for their future. Kappa Delta Pi.

Bruner, J. S. (1961). The act of discovery. Harvard Educational Review, 31(1), 21–32.

Bybee, R. W. (2013). The case for stem education: challenges and opportunities. National Science Teachers Association (NSTA) Press.

Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya pemahaman konsep untuk mengatasi miskonsepsi dalam materi belajar ipa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13.

Fitriansyah, Werdhiana, I. K., & Saehana, S. (2021). Pengaruh pendekatan stem dalam model inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan kerja ilmiah materi ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ishak, A. M., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan pendekatan stem untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar kelas lima di kabupaten barru. Pinisi Jurnal of education, 1.

Mohyeden, J. (2021). Meningkatkan pemahaman konsep cahaya melalui penerapan metode praktikum pada siswa kelas v SDI Paupanda 3. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6.

Ningsih, D. S. (2019). Meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui metode demonstrasi di kelas Vb SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4, 22-40.

Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain pembelajaran stem berdasarkan kemampuan 4C di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VII.

Perdiansyah, F., & Prilia, A. D. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman konsep ipa melalui model pembelajaran probing prompting kelas III SDN Batujaya kota Tangerang. Jurnal pendidikan dasar.

Radiusman. (2020). STUDI LITERASI: Pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6.

Raharjo, W. T., & Kristin, F. (2019). Peningkatan hasil belajar ipa peeserta didik menggunakan model pembelajaran make a match pada kelas 4 SD. XXXV.

Rahayu, J., Salam, R., & Hamkah, M. (2021). Peningkatan hasil belajar ipa melalui model problem based learning pada siswa SD. Jurnal PGSD, 1.

Roehrig, G. H., Moore, T. J., Wang, H.-H., & Park, M. S. (2012). Is adding the e enough? Investigating the impact of k-12 engineering standards on the implementation of stem integration. School science and mathematics, 112(1), 31–44. https://doi.org/10.1111/j.1949-8594.2011.00112.x

Sanders, M. (2009). STEM, stem education, stemmania. The Technology Teacher, 68(4), 20–26

Setiawan, N. C., Sutrisno, Munzil, & Danar. (2020). Pengenalan stem (sains, technology, engineering and mathematic) dan pengembangan rancangan pembelajarannya untuk merintis pembelajaran kimia dengan sistem SKS di kota Madiun. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5.

Soleman, N., & Umanahu, M. (2023). Meningkatkan hasil belajar ipa materi kerusakan lingkungan melalui strategi modeling the way. Jurnal PENDAS, 5.

Suroto. (2021). Penerapan metode stem berbasis proyek untuk meningkatkan hasil dan keaktifan belajar mata pelajaran sistem kontrol terprogram. Jurnal edukasi elektro, 05.

Susanti, N. K., Asrin, & Khair, B. N. (2021). Analisis tingkat pemahaman konsep ipa siswa kelas v sdn gugus v kecamatan cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6.

Suwardi. (2021). STEM (sains, technology, engineering and mathematic) inovasi dalam pembelajaran vokasi era merdeka belajar abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1.

Trianingsih, R. (2023). Peningkatan hasil belajar ipa tentang sistem tata surya melalui media audio visual di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6.

Wahyuni, N. P. (2021). Penerapan pembelajaran berbasis stem untuk meningkatkan hasil belajar ipa. Journal of Education Action Research, 5.

Wandini, R. R., Sari, P. Z., Rini, N. I., Aprianni, S., & Rahmadani, A. (2022). Menerapkan proses keterampilan dalam pembelajaran ipa di MI/SD. 4.

Wati, U. B., Hakim, L., & Treny, H. (2022). Analisis pemahaman konsep ipa materi sifat-sifat cahaya siswa kelas v. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4.

Zulkarnain , I., & Budiman, H. (2019). Pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal Of Education, 6.

Diterbitkan

2025-06-25

Cara Mengutip

Ade Nira Susilawati, Bayu Kelana, J., & Ghiyats Ristiana, M. (2025). The Use of STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Models to Improve Elementary School Science Concept Understanding. Jurnal Profesi Pendidikan, 4(1), 42–50. https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.23530

Terbitan

Bagian

Articles