Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Siswa Kelas II SD

Penulis

  • Maya Hilma Khoirunnisa PPG PGSD, Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati PPG PGSD, Universitas Muria Kudus
  • Imada Khairunisa SDN Demangan

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.27241

Kata Kunci:

TPACK, Learning Interest, Mathematics, Elementary School Students

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar matematika siswa kelas II SDN Demangan Kudus yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang masih konvensional dan minimnya penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral dari Kemmis & McTaggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas II yang terdiri dari empat laki-laki dan dua perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket minat belajar yang dianalisis dengan menggunakan Skala Guttman dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar yang signifikan: pada tahap pra-siklus minat belajar siswa berada pada angka 45% (kategori cukup), meningkat menjadi 70% pada siklus I (kategori tinggi), dan mencapai 87% pada siklus II (kategori sangat tinggi). Penerapan pendekatan TPACK terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, menyenangkan, serta mendorong partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan TPACK efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas II SDN Demangan Kudus.

Referensi

Akbar, K., dkk. (2024). Penerapan model problem based learning berbantuan komik digital untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada materi perkalian pecahan di kelas v sekolah dasar. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 3(2). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpp/article/view/25432/7069

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Asih, R. M., & Muslim, A. H. (2023). Pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal pada tema 3 subtema 2 pembelajaran 4 di kelas V SD Negeri 1 Dukuhwaluh. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(03). https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/557/167

Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2020). Pengaruh pendekatan pmri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SD. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. https://eprints.umk.ac.id/12819/9/ARTIKEL%20PMRI%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20%28DIANA%20ERMAWATI%29.pdf

Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation of open-ended problems on mathematical problem-solving skill of elementary school students. JPSD, 6(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/viewFile/8798/5952

Ermawati, D., dkk. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Dersalam. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(2). 82-92. https://journal.unimerz.com/index.php/kapasa/article/view/356/166

Ermawati, D., dkk. (2024). The numbered head together learning model on the critical thinking ability of iv class sd students. Progres Pendidikan, 5(2). 156-161. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/524/312

Ermawati, D., dkk. (2024). Pengaruh media mabarung berbasis augmented reality terhadap kemampuan bernalar kritis matematis siswa sd. SCIENTIA: Social Sciences & Humanities, 3(2). 327-333. https://amcapress.amca2012.org/index.php/sssh/article/view/324

Hidayah, N., dkk. (2024). Meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa melalui pendekatan tpack di kelas X 11 SMA N 2 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang. 115-123. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6149/4577

Marleni, Lusi. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). 149-159.

Masda, M. H., dkk. (2024). Implementasi pendekatan tpack untuk meningkatkan hasil belajar ipas siswa kelas IV di SDN Labuang Baji II. Global Journal Education Science and Technology (GJST), 1. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjst/article/view/2790/1540

Maulida, B. A., dkk. (2024). Pengaruh penggunaan teknologi tpack dalam meningkatkan minat belajar matematika peserta didik sd kelas 4. Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ.

Nasution, F., dkk. (2022). Pengertian pendidikan, sistem pendidikan sekolah luar biasa, dan jenis-jenis sekolah luar biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2). 422-427. https://www.who.int/news-room/factsheets/detail/autism-spectrum-disorders

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: jurnal ilmu-ilmu keislaman, 9(1), 49-60. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/article/view/283/313

Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas (M. Arif (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Suciani, R. N., dkk. (2023). Strategi refleksi dan evaluasi penelitian tindakan kelas. Jurnal kreativitas mahasiswa, 1(2), 114-123.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, Fatma., Santosa, E. B., Suharno. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge dalam Pembelajaran Abad 21. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Tama, N. S., & Sumargiyani. (2022). Peningkatan motivasi belajar siswa kelas xi sma dengan model problem based learning (pbl) pendekatan tpack. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Umt 2022. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/6858/3558

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (ptk): panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 1-19. https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk/article/view/821/788

Diterbitkan

2025-06-25

Cara Mengutip

Maya Hilma Khoirunnisa, Diana Ermawati, & Imada Khairunisa. (2025). Peningkatan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Siswa Kelas II SD. Jurnal Profesi Pendidikan, 4(1), 17–30. https://doi.org/10.22460/jpp.v4i1.27241

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.