MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Inur Nurmala, Wahyu Hidayat, Heris Hendriana

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bandung Barat, sehingga memerlukan penyelesaian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu alternatif dalam pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk menelaah hasil pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalahkuasi eksperimen dengan penelitian dalam bentuk the non-equivalent petest-posttest control group design, yaitu sebelum penelitian kedua kelompok diberi pretes, di akhir pembelajaran kedua kelompok diberi tes akhir (postes). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat yang karakteristiknya memiliki kemampuan komunikasi matematik yang rendah, dari seluruh SMP di Kabupaten Bandung Barat dipilihlah SMP Bhakti Mulya Batujajar yang mewakili karakteristik populasi. Sampelnya terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes uraian sebanyak 5 soal kemampuan komunikasi matematik yang telah diujicobakan, kemudian data skor kemampuan komunikasi matematik tersebut dianalisis menggunakan software SPSS 20 dan software Minitab. 17. Dari hasil penelitian, baik dari hasil analisis data maupun pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Keywords


komunikasi matematik, Contextual Teaching and Learning (CTL)

References


Haji, S., & Abdullah, I. M. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Infinity Vol 5 (1), 42-49.

Hidayat, W. (2013). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 1, pp. 104-113. Bandung: STKIP Siliwangi.

Hidayat, W. (2014). Mengembangkan Retensi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol 2, pp. 32-44. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.

Jhonson, E. B. (2011). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurismayanti. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Kepercayaan Diri Siswa SMA melalui Pendekatan Berbasih Masalah. Tesis STKIP Siliwangi Bandung. Tidak diterbitkan.

Nursanti, I. (2015). Meningkatakna Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Somatis, Auditori, Visua, dan Intelektual (SAVI). Skripsi STKIP Siliwangi. Tidak diterbitkan.

Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematik Siswa SMP melalui Discovery Learning. Edusentris Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Vol 2 (3), 241-252.

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation between Self-Efficacy toward Math with the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177-182.

Ruqoyyah, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri di Kota Cimahi melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Skripsi STKIP Siliwangi Bandung. Tidak diterbitkan.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 --------------------------------------------------------------------------------

JPMI is published by IKIP Siliwangi, Cimahi, Indonesia

Publisher Address:

HKI & Publikasi IKIP Siliwangi

Building D - First Floor - Room D-12

Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi 40526

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi

jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

editor_jpmi@journal.ikipsiliwangi.ac.id

 

JPMI by https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

p-ISSN: 2614-221X  e-ISSN: 2614-2155

 

JPMI has been indexed at: 

Google Scholar.

  

 



View JPMI Stats