Analisis Model Pembelajaran Projek Based Learning (Pjbl) Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpp.v3i1.22941Keywords:
konsentrasi belajar, pjbl, peserta didikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya konsentrasi dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 orang, dimana pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, melihat dengan hasil belajar siswa, kemudian mengklasifikasikannya ke dalam kriteria hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Model Project Based Learning dengan empat aktivitas yang dilakukan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27 subjek penelitian memiliki tingkat konsentrasi belajar yang berbeda. Subjek 1-9 dengan hasil belajar tinggi memenuhi 6 indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 3 indikator konsentrasi belajar. Subjek 1-9 mendapatkan skor 58,82 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang. Subjek 10-18 dengan hasil belajar sedang memenuhi 7 indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 2 indikator konsentrasi belajar. Subjek 10-18 mendapatkan skor 70,58 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi sedang. Sedangkan subjek 19-27 dengan hasil belajar tinggi memenuhi tujuh indikator konsentrasi belajar dan tidak memenuhi 2 indikator konsentrasi belajar. Subjek C mendapatkan skor 82,35 dan tergolong memiliki tingkat konsentrasi tinggi. Kesimpulannya, dengan pemahaman yang baik tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi dan penerapan strategi yang tepat, seseorang dapat meningkatkan konsentrasinya dan mencapai hasil yang lebih baik dalam berbagai aktivitas.
References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Project based learning integrated to stem to enhance elementary school’s students scientific literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261-267.
Creswell, JW (2015). Penelitian pendidikan: Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian kuantitatif dan kualitatif (Edisi Kelima). Pearson.
Hasan, Harahap, Hasibuan, Rodliyah, Thalhah, Ratnaningsih, & Hum (2013). METODE PENELITIAN KUALITATIF.
Hayu, W.R.R., & Anggraeni, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Poject Based Learning (PJBL) Pada Pelajaran IPAS: Teknik Eco Printing. Karimah Tauhid, 3(3), 2673–2684. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12558
Herowati, H. (2023). ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIATERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Penelitian dan Pengetahuan Inovasi, 2(12), 4603–4612. https://doi.org/10.53625/jirk.v2i12.5672
Ma’ruf, A., Al’Afafa, R., Hoeriyah, U., Fatimah, S., & Subarkah, I. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Materi Ibadah Siswa Kelas I MI Muhammadiyah Klopogodo. 11.
Makrufi, A., Hidayat, A., & Muhardjito, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah pokok bahasan fluida dinamis (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Nuryani, H., Wijayanti, D., & Hidayati, E. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar.
Putri, SM (2023). Analisis Peran Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dengan Pendekatan Science Edutainment Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31219/osf.io/4n65q
Riinawati, R. (2021). Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. PENDIDIKAN: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 2305–2312. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886Slameto, 2010, belajar dan factor-faktor yang mempengaruhi, Rineka Cipta,Jakarta.
Sukamti, E. U., Putra, A. P., & Devi, A. C. (2019). Innovation of project base learning (PjBL) on outdoor study for PGSD’s student activity on education diffusion. Int. J. Innov. Creat. Chang, 5(5), 546-561.
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa mata kuliah kapita selekta matematika pendidikan dasar fkip umsu. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Journal Pendidikan Profesi (JPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)